Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Jajaran rektorat, dosen dan karyawan Univet beserta masyarkat sekitar kampus mengikuti buka puasa Ramadhan keluarga besar Univet. 

Buka Puasa Bersama Keluarga Besar Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo-majalahlarise.com-Bulan Ramadhan menjadi bulan pilihan Allah dari semua bulan yang ada. Begitu pula Allah juga memilih manusia diantara manusia yang jumlahnya milyaran sebagai utusannya menyampaikan
ajaran agama Islam kepada manusia lainnya menjadi manusia pilihan yakni Nabi Muhammad SAW. Selain itu, memilih malaikat Jibril dari malaikat lainnya yang jumlahnya lebih banyak dari manusia untuk menyampaikan wahyu Al Quran dari Allah kepada nabi Muhammad SAW yang juga tempatnya pilihan tempat suci Mekah di goa Hira.

Hal itu disampaikan ustadz. M. Bardan,  S.Ag., M.Si. dalam tausyah buka puasa Ramadhan 1440 H bersama keluarga besar Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kamis sore (23/5/2019) bertempat di Auditorium kampus setempat.

"Tanah Mekah ada sumur zam-zam, bahasa pilihan bahasa arab yang dimuliakan sebagai bahasa kitab suci Al Quran. Setelah turunkan wahyu Al Quran, ditegakkanlah sholat yang mengistimewakan waktu yakni waktu sholat subuh, luhur, ashar, magrib dan isya," jelasnya.

Disampaikan pula, Allah sendiri yang memilihkan bukan kesepakatan maka bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan untuk pembakaran dosa dengan meminta ampunan dosa kepada Allah. Sehingga setelah bulan Ramadhan usai terhapus segala dosa menjadikan kita suci kembali.

"Ada doa sangat singkat dibaca biasanya setelah sholat witir. Ya Allah engkau Maha Pemaaf, Maha Pengampun maka ampunilah aku," ucapnya.

Lebih lanjut, ustadz. M. Bardan mengajak untuk memperbanyak ibadah dan berbuat kebaikan pada malam lailatulqodar.

"Amalan yang utama pada malam lailatulqodar itu beriktifkaf pada 10 hari akhir Ramadhan. Untuk tidak diganggu urusan sosial kemasyarakatan waktu sepenuhnya hanya untuk Allah. Tujuan iktifkaf mendekatkan diri pada Allah dengan membaca Al Quran," tuturnya.

Ketua Panitia, Drs. Agus Purwanto, M.Pd mengatakan kegiatan buka puasa bersama sudah menjadi kegiatan rutinitas kampus setiap bulan Ramadhan untuk menjalin tali silaturahmi dan mendapatkan barokah bulan Ramadhan.

"Kita melaksanakan bekerja di Univet Bantara Sukoharjo dan mengajak lingkungan Univet bersama-sama untuk membawa keberkahan di bulan Ramadhan," katanya.

Senada diungkapkan Ketua Umum YPPP Veteran, Drs. Bambang Margono, MM bahwa buka puasa bersama merupakan budaya sebagai wahana silaturahmi karena menurut Islam silaturahmi akan menambah pahala, memperpanjang umur, dan sangat disenangi oleh Rasullullah SAW.

"Kita biasakan silaturahmi tidak hanya keluarga tapi juga tetangga dan saya mohon doanya dibulan puasa dari bapak ibu semoga Univet tambah mahasiswa lebih banyak lagi," ujarnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top