Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Raih Silver Award di Thailand

Print Friendly and PDF

Danendra didampingi kedua orang tuanya usai menerima mendali Silver Award dalam Final Round Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 yang digelar di Phuket, Thailand.


Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Raih Silver Award di Thailand

Solo-majalahlarise.com-Siswa kelas IV SD Muhammadiyah PK Kottabarat  Solo, Danendra sukses meraih Silver Award dalam Final Round Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO) 2019 yang digelar di Phuket, Thailand, Jumat-Senin, (5-8/2019).

Siswa tersebut lolos ke final di Thailand setelah meraih silver award saat final heat round Indonesia pada 13 Oktober 2018 yang lalu. Materi yang dilombakan meliputi berpikir logis , aritmatika / aljabar, teori angka, geometri, dan combinatorics. Tiap jenis materi tersebut terdiri dari enam soal.

Final round Thailand Internasional Mathematical Olympiad (TIMO) diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari empat belas negara, yaitu Hong Kong, Cina, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Ukraina, Filipina, Kirgistan, Iran, Taiwan, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja. Peserta lomba terdiri dari Primary 1 hingga senior secondary.

Kegiatan Final Round dibagi menjadi tiga kegiatan utama.  Hari pertama diisi dengan uji coba lomba yang diselenggarakan di Duangchanok Hall.  Kegiatan hari ke dua, yaitu lomba utama yang diselenggarakan di Headstart International School.  Sedangkan hari ke tiga, prize award ceremony, yaitu penyerahan hadiah yang bertempat di gedung Siam Niramit. 

Danendra mengaku menyukai pelajaran Matematika sejak kelas I SD. Ia selalu merasa tertantang setiap kali menghadapi soal-soal Matematika. Untuk periapan menghadapi olimpiade internasional, ia setiap hari belajar latihan soal selama satu jam.

"Saya belajar soal-soal didampingi Papa karena beliau juga senang berhitung dan logika," ungkap putra pasangan Sakti Sulistiyarso Kusumo dan Aryani Sri Sunarti ini.

Kedua orang tua Danendra ikut mendampingi final di Thailand. Mereka sangat terharu dengan prestasi anaknya.

"Kami selalu memotivasi Dane supaya fokus pada apa yang menjadi minatnya, dan alhamdulillah bisa berprestasi di tingkat internasional.  Silver award ini sekaligus hadiah ulang tahunnya yang ke-10, 4 April yang lalu," ungkap Aryani Sri Sunarti.

Muhamad Arifin, selaku Wakasek Bidang Kesiswaan dan Humas berharap bahwa prestasi ini bisa menjadi motivasi keluarga besar SD Muhammadiyah PK Kottabarat untuk terus berprestasi.

"Kesuksesan hari ini di level internasional semoga lebih memotivasi siswa yang lain untuk bisa berprestasi, baik di bidang akademik maupun non akademik", imbuhnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top