TK dan SD Desa Baleharjo Eromoko Belajar Tertib Lalu lintas Sejak Dini

Print Friendly and PDF

Camat Eromoko, Danang Erawanto bersama jajaran Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri, kepala desa Baleharjo bersama saat berinteraksi dengan siswa TK dan SD. 
Siswa TK dan SD se desa Baleharjo saat foto bersama dengan Polisi


TK dan SD Desa Baleharjo Eromoko Belajar Tertib Lalu lintas Sejak Dini

Wonogiri-majalahlarise.com-Pemandangan tidak biasa terlihat di halaman SD Negeri 1 Baleharjo, para siswa berkumpul di halaman, tidak hanya siswa SD tersebut namun terlihat dari siswa SD, TK dan Kelompok Bermain di wilayah Desa Baleharjo berkumpul meriah bermain dengan beberapa Polisi berseragam lengkap. Jum'at pagi (22/3/2019).

Tak kurang dari 300 orang berkumpul dari unsur siswa sekolah, orang tua wali, guru serta perangkat Desa Baleharjo larut mengikuti acara bermain bersama Polisi yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) GUYUB RUKUN desa Baleharjo.

Direktur BUMDES Guyub Rukun Desa Baleharjo, Dwi Suswatiningsih, SE dalam rilis mengatakan acara ini diselenggarakan dengan memanfaatkan adanya program Millenial Roadsafety Festival yang sedang digalakkan oleh Satkorlantas Wonogiri guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

"Mengambil sasaran anak sekolah di wilayah Desa Baleharjo dengan harapan dapat sebagai media untuk penanaman dan pengenalan disiplin sejak usia dini guna menumbuhkan karakter unggulan generasi milenial," katanya.

Malalui tajuk “Polisi Sahabat Anak” Ipda Pudiyono Kanit Dikyasa Satlantas Polres Wonogiri memberikan pemahaman tentang rambu-rambu lalu lintas dan pemahaman 7 penyebab fatal kecelakaan di jalan yaitu tidak mengenakan helm, menggunakan HP saat berkendara, tidak mengenakan sabuk pengaman, mengendara dalam kondisi mabuk (pengaruh miras), pengendara dibawah umur, melanggar rambu lalu lintas, melampaui batas kecepatan.

"Kegiatan ini bagus dalam rangka untuk memperkenalkan sosok Polisi kepada anak-anak agar terbangun pola pikir  anak terhadap sosok polisi yang tidak menakutkan namun  sahabat bagi anak-anak, kemudian kita menanamkan disiplin berlalu lintas kepada anak-anak yang kelak menjadi dasar terciptanya budaya tertib berlalu lintas sejak dini untuk persiapan kelak kalau sudah dewasa," jelasnya.

Camat Eromoko Danang Erawanto, S.Sos dalam sambutan menyampaikan apresiasi yang luar biasa terhadap desa Baleharjo yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan ini karena kegiatan ini sangat baik untuk penyadaran  masyarakat tertib hukum, utamanya tertib lalu lintas.

Tidak kalah semangatnya Kepala Desa Baleharjo Sulino, S.Pd juga merasa bangga Desa Baleharjo dijadikan salah satu tempat pelaksanaan program Polres Wonogiri. Kedepan kegiatan seperti ini akan berkelanjutan dengan sasaran warga masyarakat umum,  pak Kadus, ketua RT/RW sehingga masyarakat sadar tertib berlalu lintas.

Desa Baleharjo telah merencanakan program pengembangan ke depan, bahwa desa Baleharjo akan mewujudkan Desa percontohan tertib lalu lintas dengan melengkapi tiap ruas jalan dengan tanda-tanda rambu lalu lintas.

"Hal ini telah menjadi kesepakatan program bersama dengan Camat Eromoko, Kapolsek Eromoko, pemerintah desa Baleharjo dan dukungan penuh dari BUMDES Guyub Rukun serta Lembaga Kursus Mengemudi I-ON yang ada di Desa Baleharjo,” imbuhnya.

Salah satu Siswa SD N 1 Baleharjo Cantika Ghannyy merasa senang dan bangga mengikuti kegiatan bermain sehari dengan Polisi ini.

"Bapak Polisinya baik, ibu polisinya cantik dan ada badut polisinya. Senang dan jadi tahu rambu-rambu lalu lintas di jalan, bagi-bagi helm dan hadiah. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top