Rektor Univet Melepas Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Periode 1 tahun 2018

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP memakaikan samir kepada mahasiswa PPG sebagai pertanda lulus PPG.

Jajaran YPPP Veteran, Rektorat Univet foto bersama mahasiswa lulusan PLG usai acara pelepasan. 

Rektor Univet Melepas Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Periode 1 tahun 2018

Sukoharjo-majalahlarise.com-Sebanyak 23 mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan periode 1 tahun 2018 dilepas Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP. Selanjutnya mereka menerima sertifikat guru profesional dan dinyatakan sebagai guru profesional. Sabtu malam (23/3/2019) bertempat di Hotel Tosan Solo Baru, Sukoharjo.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Toni Harsan menyampaikan mahasiswa PPG Dalam Jabatan tahun 2018 ini berasal dari Magelang, Purworejo dan Banjarnegara. Mereka telah lolos mengikuti tahapan pendidikan PPG selama satu semester atau enam bulan. Lolos uji kinerja dan uji pengetahuan sebagai syarat menerima sertifikat guru profesional

"Dari 29 mahasiswa lolos uji kinerja sedangkan yang lolos uji pengetahuan 23 mahasiswa. Bagi 6 mahasiswa yang tidak lolos diberi kesempatan mengulang uji pengetahuan enam kali dibatasi waktu dua tahun. Boleh mengulang di perguruan tinggi manapun yang terdekat tempat tinggal mereka tidak harus di Univet," jelasnya.

Ditempat yang sama, Koordinator PPG Univet, Dr. Farida Nugraheni, M.Hum menambahkan Univet pada tahun 2019 mendapatkan mandat dari Kemenristek Dikti melaksanakan PPG Dalam Jabatan sebanyak lima kali dalam satu tahun. Untuk tahap satu sudah berjalan posisi saat ini tengah lokakarya. Tanggal 11 April 2019 lokakarya selesai dilajutkan uji pengetahuan dan uji kinerja. Lulus mendapatkan sertifikat.

"Kendala mahasiswa selama ikut PPG ketika ujian pengetahuan soal lebih banyak obyektif. Mahasiswa saat tes kurang terampil menggunakan komputer online. Karena waktu pengerjaan cepat semua  berbasis IT," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebelumnya Univet mendapatkan mahasiswa PPG langsung dari Kementerian tapi sekarang mahasiswa berhak memilih mendaftar dimana mereka akan mengikuti.

"Kita punya jatah enam kelas. Mahasiswa yang sudah lolos di Kementrian bebas memilih perguruan tinggi yang terdekat. Univet menyelenggarakan PPG dengan profesional sehingga memilih Univet karena tingkat kelulusannya tinggi," jelasnya.

Dalam sambutan pelepasan, Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, MP mengucapkan selamat kepada mahasiswa lulus Pendidikan Profesi Guru dan berhak menyandang guru profesional. Selanjutnya dapat teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari dan tingkah laku di sekolah harus sesuai dengan yang tertera dalam sertifikat guru profesional.

"Tingkat pencapaian prestasi lulusan PPG ini sebesar 89 persen dari ketentuan rata-rata nasional 62 persen. Ini prestasi yang membanggakan" katanya.

Sementara itu, Ketua YPPP Veteran Sukoharjo, Bambang Margono menyampaikan mahasiswa lulusan PPG otomatis menjadi alumni Univet. Pihaknya berharap tetap menjaga nama baik Univet serta menginformasikan, mengajak teman atau saudara memilih kuliah di Univet. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top