Pembukaan Perkemahan Blok Penegak Gugus Depan Diponegoro dan RA Kartini SMAN 2 Wonogiri

Print Friendly and PDF

Kamabigus, kak Dra. Endang Sunarsih, M.Pd menyematkan tanda jabatan dan tanda peserta pada pembukaan perkemahan blok Penegak Gudep SMAN 2 Wonogiri. 

Pembukaan Perkemahan Blok Penegak Gugus Depan Diponegoro dan RA Kartini SMAN 2 Wonogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-Penegak Gugus Depan Diponegoro dan RA Kartini, SMAN 2 Wonogiri menggelar perkemahan blok diikuti 331 peserta terdiri 126 putra dan 205 putri dari siswa kelas XI yang terbagi dalam 13 sangga putra dan 21 sangga putri. Perkemahan dilaksanakan selama tiga hari dua malam. Senin-Rabu (11-13/3/2019).

Perkemahan blok sudah dilaksanakan lima kali ini mengangkat tema Pramuka Kreatif, Aktif dan Beretika dibuka oleh Kamabigus, kak Dra. Endang Sunarsih, M.Pd.

Dalam sambutan pembukaan perkemahan, kak Endang Sunarsih menyampaikan pendidikan kepramukaan adalah pendidikan pengembangan diri yang wajib diberikan kepada siswa-siswi sekolah menengah atas pada kurikulum 2013 sehingga pembinaan kepramukaan ataupun pendidikan kepramukaan wajib diikuti oleh seluruh siswa utamanya SMA Negeri 2 Wonogiri.

"Kami yakin dari pembinaan kepramukaan dan pendidikan kepramukaan akan membentuk fisik yang kuat bagi para anggotanya karena di dalam kegiatan kepramukaan kalian dilatih untuk bagaimana mencintai alam, mencintai lingkungan, mensyukuri anugerah yang diberikan kepada kita semua, berperilaku santun, mencintai alam mencintai sesama kemudian juga meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa juga menjiwai Trisatya dan Dasadarma," paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, kemah blok ini semakin mudah dan semakin mengerucut nilai-nilai jiwa Pramuka sehingga tidak ada kekhawatiran dari orang tua bahwa kegiatan ini adalah kegiatan sekolah wajib yang harus diikuti bahkan nanti di kelas 12.

"Saya tegaskan bahwa program kegiatan kemah blok merupakan program sekolah untuk semakin menggembleng kalian memperkuat jiwa kalian dan menjadi generasi yang kuat secara fisik, mental dan spiritual," tegasnya.

Pembina Putra,  kak Wardoyo, S.Pd M.Pd mengatakan perkemahan blok ini merupakan bagian dari implementasi pembelajaran kurikulum 2013 di sekolah yang memasukkan mata pelajaran kedalam pendidikan Pramuka.

"Dalam kegiatan perkemahan peserta diberi penugasan seperti pelajaran KWU tugas membuat hasta karya, pelajaran bahasa Inggris tugas kemampuan berdiskusi mengunakan bahasa Inggris," terangnya.

Sementara itu, Pembina Putri, kak Siti Yuliani, S.Pd, M.Si menyampaikan panitia dari guru dan TU dibantu sangga kerja. Kegiatan selama perkemahan diantaranya anjangsana, K3 Kapling, permainan besar, kurve, dinamika kelompok, lomba memasak, pentas seni, malam caraka, ibadah, olahraga. (Sofyan)







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top