Menengok Keberadaan Perpustakaan Desa Semin Nguntoronadi

Print Friendly and PDF

Kepala Desa Semin, Suparmi menunjukan salah satu buku koleksi perpustakaan desa. 

Menengok Keberadaan Perpustakaan Desa Semin Nguntoronadi

Wonogiri-majalahlarise.com-Berada di wilayah perbukitan tidak menurunkan semangat warga masyarakat desa Semin, kecamatan Nguntoronadi selalu berbenah diri menuju desa yang cerdas dan mandiri. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya perpustakaan desa sebagai wahana membaca warga.

Memanfaatkan ruang bekas gedung SD setempat satu lokasi dengan Taman Kanak-Kanak (TK)  Desa Semin 2, perpustakaan juga memberi manfaat bagi siswa TK dan orang tua siswa yang menunggu anaknya.

"Ibu-ibu disini senang ada perpustakaan. Sambil mereka menunggu anak-anaknya selalu menyempatkan diri membaca buku di perpustakaan. Buku yang sering dibaca buku memasak dan budidaya," terang Kepala Desa Semin, Nguntoronadi, Suparmi. Rabu (13/3/2019).

Bu Suparmi, begitu sapaannya menyampaikan perpustakaan desa dulunya berada di kantor desa. Karena SD diregrouping memanfaatkan salah satu ruangan berdampingan dengan TK maka perpustakaan desa dipindah.

"Dukungan masyarakat sangat bagus. Pada tahun 2018 perpustakaan kita mendapatkan peringkat lima lomba perpustakaan tingkat Kabupaten Wonogiri," katanya.

Lebih lanjut, pihaknya berharap koleksi buku semakin bertambah dan menerima siapa saja yang ingin donasikan buku.

"Buku yang dikoleksi dintaranya buku dongeng anak, buku resep masakan, novel, buku cerita rakyat, buku Islami, buku kerajinan tangan, koran dan majalah, buku resep kesehatan, buku tanaman obat berkhasiat, juz'ama anak, buku kesehatan, buku budidaya tanaman pertanian, buku budidaya ternak," jelasnya. (Sofyan)








Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top