SMA Pancasila 3 Paranggupito Peduli Anemia dan Anti Narkoba

Print Friendly and PDF

Tim Puskesmas Kecamatan Paranggupito saat sosialisasi peduli anemia dan anti narkoba di SMA Pancasila 3 Paranggupito. 

SMA Pancasila 3 Paranggupito Peduli Anemia dan Anti Narkoba

Wonogiri-majalahlarise.com-SMA Pancasila 3 Paranggupito dan Puskesmas Paranggupito melakukan langkah nyata bersama untuk peduli dan sadar mengekplorasi anemia bagi kalangan remaja putri dan dampak Narkoba. Rabu (13/2/2019) di Aula sekolah setempat.

Dalam sosialisai Ketua tim Puskesmas Paranggupito, Suyanti,  A.Md. Keb. didampingi Agustina dan Veni Plasmaningsih menyampaikan pengenalan anemia. "Anemia merupakan suatu penyakit kadar hrmoglobin (Hb) dalam darah kurang dari batas normal. Berbeda dengan tekanan darah rendah," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan persentase terbanyak penderita anemia adalah remaja putri. Tanda-tanda anemia yang mudah terdeteksi antara lain; lesu, lemah, letih, lelah, lalai (5L). Tanda lain yaitu sering mengeluh pusing dan mata berkunang-kunang. Dampak lanjut dari anemia adalah bagian kelopak mata, bibir, lidah, kulit dan telapak tangan menjadi pucat pasi.

Faktor-faktor yang mengindikasikan anemia bagi remaja putri, menurut Suyanti yaitu wanita lebih jarang makan makanan hewani dan sering diet. Selain itu, faktor alami yaitu haid setiap bulan sehingga membutuhkan zat besi dua kali lipat lebih banyak daripada pria.

"Akibat anemia akan menurunkan kemampuan kosentrasi atau fokus belajar. Mengganggu pertumbuhan tulang termasuk tinggi badan yang tidak maksimal, dan muka pucat. Cara mencegahnya dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Menambah asupan zat besi dengan minum tablet tambah darah (TTD). Mengobati penyakit yang menyebabkan anemia seperti kecacingan, malaria, dan TBC," ungkapnya.

Umi Agustina kundari, Amd. Keb. dan bu. Veni Plasmaningsih, Amd. Keb menerangkan efek negatif bagi siswa putri apabila mengkonsumsi narkoba. Selain itu menjelaskan macam-macam jenis narkotika yang harus diketahui dan pengaruhnya dapat menghentikan kesuksesan masa depan generasi penerus bangsa.

"Penggunaan obat-obatan terlarang dan psikotropika seperti ganja, sabu, kokain, dan sejenisnya sangat buruk bagi perkembangan fisik serta psikis remaja yang seharusnya tumbuh maksimal," jelasnya.

Kepala SMA Pancasila 3 Paranggupito Drs. Marjono. M. Pd, menyampaikan apresiasi terhadap penanganan anemia sejak dini dan narkotika. (Sofyan)





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top