Pupuk Nasionalisme STIE Perbanas Gelar Lomba Paskibra se-Jawa Timur

Print Friendly and PDF

Salah satu peserta paskibra menunjukkan aksi kratifitas baris berbaris dalam lomba PASSION 2019 STIE Perbanas Surabaya. 

Pupuk Nasionalisme STIE Perbanas Gelar Lomba Paskibra se-Jawa Timur

SURABAYA-majalahlarise.com-Memupuk jiwa nasionalisme dapat dilakukan melalui berbagai macam kegiatan. Salah satunya dengan kegiatan Lomba PASSION (Paskibra STIE Perbanas Competition). Minggu (17/2/2019). Bertempat di Lapangan Kampus 2 Jl. Wonorejo Utara 16 Rungkut Surabaya.

Ketua Pelaksana PASSION 2019, Feby Fatimatus Zaro mengatakan lomba yang  diikuti 33 pleton, terdiri atas 16 pleton siswa SMP dan 17 pleton SMA se-Jawa Timur ini bertujuan memberikan kesempatan peserta untuk mengembangkan kreativitas dalam konteks nasionalisme. Selain itu, lomba saat ini lebih bebas dalam menuangkan ide-ide mereka di gerakan baris-berbaris.

“Jadi, kreativitas mereka tidak dibatasi dengan unsur tertentu,” ceritanya.

Lebih lanjut, Feby menjelaskan setiap pleton pasukan paskibra ini terdiri atas 15 anggota dan 1 orang komandan pleton (danton). Mereka menampilkan 2 jenis gerakan, pertama gerakan resmi baris berbaris dan kedua gerakan variasi. Setiap pleton diberikan durasi selama 10 menit untuk tampil.

”Gerakan variasi ini bisa menampilkan lagu-lagu daerah, tarian daerah, puisi, atau orasi seperti proklamasi,” imbuhnya.

Seperti yang ditampilkan oleh SMA Negeri 3 Surabaya menampilkan tari khas bali, yakni Tari Kecak. Menurut Abib Azhar Milzam Indratno salah satu anggota Pleton SMA tersebut, budaya Bali terkenal dengan budaya yang sangat ciamik yang berbau rasa pesatuan dan kesatuan Indonesia. Hal sulit dalam memadukan gerakan paskibra dan tariannya tersebut saat melakukan gerakan variasi.

”Susahnya kita waktu menampilkan di tengah saat menari, yakni satu orang saat menari bagi orang awan dan tidak terbiasa menari akan sulit,” papar Abib.

Dengan waktu latihan tiga minggu, pleton SMA Negeri 3 Surabaya sudah berhasil menarik perhatian audience melalui busana dan tariannya. Pihaknya pun berharap nama Paskibra SMA-nya bisa terangkat kembali dan dikenal di Paskibra di seluruh Indonesia.

”Termasuk mengenalkan budaya Bali itu sendiri,” pungkasnya.

Peserta lomba PASSION 2019 ini memperebutkan sejumlah kejuaraan, di antaranya: Juara Umum SMA (piala bergilir Gubernur Jatim), Juara Umum SMP (Piala Dispora Jatim), Juara Juara Bina, Best PBB Variasi, Best Costum, Best Danton, Juara Favorit,  dan Best Suporter. (Eko/Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top