Kopdar UKM Sukoharjo Sarana Kembangkan Usaha

Print Friendly and PDF

Ketua Penyelenggara, Haryoko saat menyampaikan informasi dan motivasi  mengembangkan usaha

Kopdar UKM Sukoharjo Sarana Kembangkan Usaha

Sukoharjo-majalahlarise.com-PLTU KUMKM Mandiri Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan kopi darat (Kopdar) Usaha Kecil Menengah (UKM) Sukoharjo. Kegiatan ini untuk memberikan motivasi serta berbagai informasi mengembangkan usaha. Selasa, (26/2/2019). Bertempat di Gedung Pusat Promosi Daerah Graha Wijaya Sukoharjo.

Ketua panitia, Haryoko menyampaikan Kopdar ini sebagai wadah menjalin komunikasi, berbagi informasi untuk mengembangkan usaha UKM,  memberikan motivasi dan inspirasi serta memperbanyak relasi.

"Dalam membangun usaha mikro menjadi kecil lanjut ke menengah tidak selalu berjalan mulus. Pasti ada kendala yang dihadapi dan penyakit yang hinggap diantaranya tidak ada pemisahan antara uang pribadi dan uang usaha, kudis artinya kurang disiplin melayani konsumen, kurap yaitu kualitas kurang bermutu," terangnya.

Pihaknya mengajak wirausaha untuk meningkatkan status dari usaha mikro menjadi kecil, dari kecil menjadi menengah melalui berbagai inovasi produk dan pemasaran.

"Usaha yang tengah dijalankan seolah olah perjalanan mulus tapi banyak cobaan, cacian, maka perlu istiqomah. Memang istiqomah itu berat tapi  istirahat gampang," ungkapnya.

Mengenai kendala yang sering dihadapi pengusaha ketika usaha mulai berkembang, Haryoko menjelaskan soal pengelolaan manajemen keuangan. Terlebih perhitungan pajak yang sering dialaminya.

"Pemasaran juga menjadi kendala. Solusinya menggunakan fasilitas online atau teknologi saat ini," katanya.

Salah satu peserta Kopdar, Junaidi pedagang soto Surabaya mengaku adanya kopdar yang sering digelar ini memberi banyak informasi mengembangkan usaha.

"Saya bersama istri jualan soto Surabaya di komplek eks gedung lowo ini. Mengenai modal tidak ada masalah. Pinginnya dibantu pemasaran. Sebab masyarakat tahunya gedung ini hanya untuk pameran saja tidak ada yang jualan," ungkapnya. (Sofyan)












Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top