Jaring Debater Pemula, EC STIE Perbanas Adakan Lomba Debat Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA Sederajat se-Jatim

Print Friendly and PDF

Siswa SMA/SMK saat mengikuti depat bahasa Inggris EC STIE Perbanas Surabaya. 

Jaring Debater Pemula, EC STIE Perbanas Adakan Lomba Debat Bahasa Inggris Bagi Siswa SMA Sederajat se-Jatim

SURABAYA-English Club STIE Perbanas Surabaya kembali mengadakan kompetisi debat Berbahasa Inggris. Acara ini bertujuan untuk menjaring debater pemula agar mahir berargumentasi yang dikemas dengan melalui Perbanas Amazing Newbie English Debate Competition (PANDCO). Lebih dari 72 siswa yang terbagi menjadi 24 tim lolos untuk ikut debat di kalangan SMA/SMK/MA Se-Jawa Timur. Sabtu(23/2/2019). Bertempat di Auditorium Kampus 1, Jalan Nginden Semolo 34-36 Surabaya.

Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk tanggungjawab English Club dalam rangka membantu para millennial mengeluarkan ide kreatif dan pendapat yang logis mengenai isu-isu terkini. Kompetisi ini dikhususkan untuk para Newbie atau pemula dalam sebuah debating dan akan menjadi pengalaman yang menarik bagi peserta.

Manajer English Club, Yogo Purwanto mengatakan acara tersebut rutin diadakan setiap tahun oleh organisasinya.

"Tahun ini, peserta lomba adalah siswa-siswi yang mencapai 24 tim dimana setiap timnya terdiri dari 3 orang dan didampingi oleh LO (Liaison Officer),” papar Yogo di sela-sela acara.

Lebih lanjut, dirinya menjelaskan tema debat disesuaikan dengan perkembangan informasi terkini meliputi politik, ekonomi, olahraga, pendidikan, dan lain sabagainya.

Lantas, untuk sistematika kompetisi ini dimulai dari babak preliminary, semua peserta disaring menjadi babak 16 besar atau octofinal round. Kemudian, babak 8 besar atau quarterfinal round, babak 4 besar atau semifinal round, dan terakhir perebutan juara 1,2,3 dan 4 yaitu final round.

"Terdapat pula kategori Best Speaker untuk para peserta yang sangat baik saat memberikan argumennya ketika berdebat," imbuh Yogo.

Peserta lomba ini memperebutkan Juara I berupa Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 3.000.000,- ; Juara II mendapatkan Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 2.500.000,- ; Juara III mendapatkan Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 1.500.000,- ; Juara IV mendapatkan Trophy, Certificate, dan uang tunai sebesar Rp 500.000,- ; dan Best Speaker mendapatkan Certificate dan uang tunai sebesar Rp 500.000,-.

Salah satu siswa peserta dari MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Abdul Fattah mengaku dirinya beserta teman-temannya merasa kaget, excited, dan tertantang karena baru pertama kali mengikuti lomba debat berbahasa inggris seperti ini. Dirinya bersama 2 teman lainnya M.Rizky Muafiy Zain dan A.Sulthon membutuhkan waktu sekitar 2 hari untuk melakukan persiapan karena di sekolah.

"Kami berharap bisa menang dalam debat ini. Semoga bisa semakin meriah acaranya, serta menyiapkan topik-topik yang menarik dan up to date," harap Abdul Fattah.

Sampai berita ini ditulis, sekolah yang berhasil masuk semi final adalah SMA Katolik Petra Surabaya (2 tim), SMK Negeri 5 Surabaya, dan SMK Negeri 1 Surabaya. (Eko/Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top