Bupati Wonogiri Ajak Pramuka Siaga Berbakti Kepada Orang Tua dan Selalu Berbuat Kebaikan

Print Friendly and PDF

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo menyematkan tanda peserta saat membuka Pesta Siaga 2019 Kabupaten Wonogiri. 

Bupati Wonogiri Ajak Pramuka Siaga Berbakti Kepada Orang Tua dan Selalu Berbuat Kebaikan

Wonogiri-Bupati Wonogiri, Joko Sutopo  membuka kegiatan Pesta Siaga 2019 Kabupaten Wonogiri. Sabtu (23/2/2019) bertempat di halaman Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Dalam sambutan, dihadapan 500 peserta dari 25 Kwaran se-Wonogiri, Bupati Joko Sutopo menyampaikan pesta siaga untuk membina dan meningkatkan ketrampilan para Pramuka Siaga, memperkuat persaudaraan sekaligus mengajarkan kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian dan semangat pantang menyerah bagi adik-adik Pramuka Siaga.

"Pesta siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak pada usia dini sehingga pada akhirnya nanti akan lahir patriot patriot Bangsa yang handal dan berkarakter baik," jelasnya.

Lebih lanjut, Joko Sutopo mengatakan pesta ini mendidik anak dengan bermain dan berkesenian dalam kegiatan luar ruang yang akan membekas dalam benak anak-anak dan kelak menjadi bagian dari cerita di masa depan tentang indahnya beraktifitas dalam wadah gerakan Pramuka.

Kegiatan kepramukaan bagi anak-anak saat ini menjadi sangat dibutuhkan untuk memberi kembali ruang tumbuh kembang yang sehat yang memberikan pendidikan dan mengasah keterampilan agar tidak tenggelam dalam dunia digital dunia maya yang sekarang ini menjadi tantangan besar untuk dalam mendidik anak-anak kita.

"Memang baik jadi anak yang paham dengan teknologi terkini akan tetapi tidak boleh melupakan aktifitas fisik di luar ruang yang akan memberikan banyak manfaat secara tidak disadari karena memberikan landasan perkembangan fisik mental dan sikap sikap humanis secara tidak disadari dengan aktif bermain berlari melompat dengan alam akan menjadi bekal bagi anak-anak dalam tumbuh dan berkembang," paparnya.

Dikatakannya, tidaklah mengherankan jika kemudian gerakan Pramuka menjadi salah satu tumpuan dalam menciptakan generasi penerus yang berkualitas cerdas kreatif yang akan sangat dibutuhkan sebagai kader penerus bangsa secara umum.

Pramuka Siaga menjadi sarana mengembangkan diri menjadi sumber daya manusia yang memiliki nilai disiplin patriotisme dan cinta tanah air.

Kepada kakak kakak pembina Pramuka, pihaknya berpesan untuk tidak lelah membina dan membimbing adik-adik Pramuka Siaga dalam kerangka besar membangun karakteristik generasi bangsa melalui gerakan Pramuka.

"Proses ini akan memberikan dampak yang semakin kuat manakala mampu bersinergi dengan kegiatan-kegiatan lainnya yang diikuti anak-anak kita di lingkungan keluarga masyarakat," terangnya.

Kemudian, orang nomor satu di Wonogiri ini berpesan kepada Pramuka Siaga agar selalu berbakti kepada Ayah Bunda, memiliki jiwa berani dan tidak putus asa yang selanjutnya akan tumbuh menjadi insan yang sadar akan kewajiban terhadap Tuhan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengikuti tata krama keluarga serta setiap hari berbuat kebaikan.

"Teruslah belajar dan menuntut ilmu bersungguh-sungguh untuk menempuh hari esok yang lebih baik karena kesuksesan keberhasilan dan masa depan yang cerah ada di tangan kalian,"

Seusai upacara pembukaan, peserta dan tamu undangan dihibur senam simaphore dari Pramuka Penggalang dan selanjutnya mengikuti berbagai cabang lomba pesta siaga. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top