Workshop Penulisan Artikel Ilmiah MGMP PAI Sub Rayon 03 Baturetno Wonogiri

Print Friendly and PDF

Dekan FISIP Univet, Drs. Joko Suryono, M.Si saat membimbing peserta workshop.

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah MGMP PAI Sub Rayon 03 Baturetno Wonogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) se-Sub Rayon 03 Baturetno mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah menghadirkan pemateri Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univet Bantara Sukoharjo, Drs. Joko Suryono, M.Si dan Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Edukasi, Sofyan, S.Sos. Selasa (29/1/2019) bertempat di Rumah Makan Sumber Mirah.

Ketua MGMP Sariyanto S.Ag, M.PI dalam sambutan sekaligus membuka acara workshop mengatakan kegiatan ini sebagai sarana untuk menjembatani bapak dan ibu guru  yang saat ini mengalami kesulitan dalam menulis artikel baik artikel populer maupun artikel ilmiah.

"Penulisan artikel ini sangat bermanfaat sebagai usaha guru membuat karya tulis di media yang nantinya dapat digunakan untuk  menambah kekurangan nilai ketika penilaian kenaikan pangkat dan golongan," ujarnya.

Lebih lanjut,  pihaknya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada pemateri dari majalah Edukasi maupun keterlibatan Univet serta bapak ibu guru yang telah hadir mengikuti acara.

"Kedepan dapat kita tindaklanjuti kegiatan ini tidak hanya di Sub Rayon tapi berkolaborasi MGMP dengan KKG kurang lebih peserta 130 orang, " harapnya.

Dalam pemaparan materi, Drs. Joko Suryono, M.Si menyampaikan materi tentang cara penggunaan aplikasi Mendeley untuk mencari referensi.

"Aplikasi Mendeley ini sangat membantu dan mempermudah ketika mencari referensi sebelum menulis artikel. Sebab daftar referesi dapat muncul sendiri. Syarat mencari reverensi secukupnya sesuai variabel dan indikator yang ditentukan," ungkapnya.

Sementara itu,  Sofyan menjelaskan tahapan dan cara membuat artikel secara mudah dan tepat.

"Ketika mau menulis bisa menjawab pertanyaan mau menulis apa? sebutkan temanya. Soal apanya? Sempitkan tema. Kenapa memilih tema itu? Aktual? Tunjukkan aktualitas dengan mengutip berita terbaru! Penting? Tunjukkan kepentingannya! Apa saja yang mau dikemukakan dalam tulisan itu? Pendapat Anda tentang masalah atau peristiwa itu bagaimana? Boleh mengutip pendapat orang lain, sebutkan sumbernya," paparnya.

Salah satu peserta, guru PAI SMPN 2 Giritontro, Syarif Aminudin,  S.Ag berharap kegiatan ini dapat melatih para guru khususnya guru pendidikan agama Islam bisa membuat artikel ilmiah dan bisa menunjang perolehan nilai angka kredit kenaikan pangkat dan golongan.  (Sofyan)


1 komentar:

  1. Saatnya guru berkarya dan mampu menyampaikan inspirasi² yang kreatif untuk kemajuan pendidikan.

    BalasHapus


Top