SMPN 1 Selogiri Disiplinkan Siswa Laki-Laki Berambut Panjang

Print Friendly and PDF

Salah satu siswa SMPN 1 Selogiri sedang dicukur rambutnya. 

SMPN 1 Selogiri Disiplinkan Siswa Laki-Laki Berambut Panjang

Wonogiri-majalahlarise.com-Peraturan dan tata tertib siswa di SMP Negeri 1 Selogiri selalu ditegakkan untuk menanamkan karakter dan sikap anak menjadi baik serta dapat melaksanakan peraturan yang telah ditetapkan sebaik-baiknya.

Seperti penegakkan peraturan siswa laki-laki tidak boleh berambut panjang. Maka pihak sekolah mencari dan mendata siswa berambut panjang kemudian dilakukan cukur rambut bersama-sama. Rabu (30/1/2019).

Guru Bimbingan Konseling SMPN 1 Selogiri,  Maryanto, S.Pd mengatakan adanya gerakan potong rambut bersama ini untuk menegakkan disiplin peraturan sekolah yang biasa dilaksanakan menjelang ujian nasional terutama bagi kelas 9.

"Gerakan potong rambut ini sudah dilaksanakan selama saya mengajar disini.  Anak-anak sebelumnya sudah saya ingatkan, ditegur, jika anak tidak menghiraukan selanjutnya dilakukan penegakkan disiplin sekolah. Anak-anak dicukur rambutnya," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, adanya gerakan potong rambut ini bermanfaat penampilan siswa terlihat rapi. Bahkan ketika proses potong rambut dilakukan banyak kesadaran siswa yang sebelumnya enggan jadi ikut cukur rambut.

"Kalau untuk kelas 7 dan 8 biasanya saya sendiri yang mencukur. Kali ini kita lakukan serentak mendatangkan tukang cukur. Selain hemat biaya mengantar juga keselamatan siswa terjaga," ujarnya.

Disinggung mengenai pendapat orang tua adanya kegiatan ini, Maryanto menambahkan orang tua merasa senang, anaknya jadi rapi dan hasil potongan rambut juga bagus.

"Sejak pagi sekitar pukul sembilan tadi potong rambutnya dimulai sampai sekarang belum selesai. Besok juga masih dilanjutkan lagi jika sampai pulang sekolah belum selesai," ujarnya.  (Sofyan)







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top