Sebanyak 253 Pramuka Ikuti KOMPBI di Unisri

Print Friendly and PDF

Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama Unisri, Dr. Sutoyo, M.Pd beserta panita menerbangkan burung merpati simbol dibukanya KOMPBI ke-5.

Sebanyak 253 Pramuka Ikuti KOMPBI di Unisri

Solo-majalahlarise.com-Universitas Slamet Riyadi (Unisri) menggelar Kompetisi Penegak Binwil Surakarta (KOMPBI) se eks Karesidenan Surakarta. KOMPBI yang ke 5 ini digelar selama dua hari, Sabtu-Minggu (26-27/1/2019), bertempat di kampus Unisri.

Ketua pelaksana, Augustina Dewayanti, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan jiwa intelektual pada anggota Pramuka Penegak dan mewujudkan karya nyata Penegak dalam meningkatkan SDM yang berkualitas serta meningkatkan rasa persaudaraan antara Pramuka penegak tingkat SMA/ SMK dan MAN se Soloraya.

Kegiatan ini diikuti 253 peserta Pramuka Penegak SMA/SMK yang terdiri dari 12 sangga putra dan 11 sangga putri dengan 13 kontingan antara lain SMAN 1 Surakarta, SMAN 3 Surakarta SMAN 5 Surakarta, SMKN 5 Surakarta, SMKN 6 Surakarta, SMKN 7 Surakarta, SMAN 1 Pracimantoro, SMAN 1 Mojolaban, SMAN 1 Polanharjo, SMKN 2 Wonogiri, SMK Slamet Riyadi Gemolong, SMKN Citramedika, dan Tamirul Islam.

Wakil Walikota Surakarta, Achmad Purnomo dalam membacakan sambutan Walikota Surakarta mengatakan Pramuka menjadi salah satu benteng penghalang dari pengaruh negatif globalisasi. jangan jadikan suatu pekerjaan sebagai ajang lepas rodi saja, akan tetapi lakukanlah sebagai pengabdian yang tulus dan sungguh-sungguh, sebagai organisasi Pramuka yang bergerak dalam membina karakter bagi generasi berprestasi.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor bidang kemahasiwaan alumni dan kerjasama, Dr. Sutoyo, MPd, dalam sambutannya menyampaikan KOMPBI ke 5 kali ini, mengambil tema Membentuk Karakter Yang Memiliki Solidaritas, Disiplin, Berkarya dan Inovatif.

"Apa yang telah dicanangkan oleh presiden Jokowi tentang revolusi mental pramuka menjadi salah satu pilar untuk mewujudkan itu dan ini terwujud dengan bukti perlombaan yang dilombakan ini mengarah kesana," jelasnya.

Lomba yang dipertandingkan antara lain PBB, Pionering, Hasta Karya, Drama Tari, Pertolongan Pertama dalam Kecelakaan, dan Ketahanan Pangan. Peserta memperebutkan Piala Bergilir Walikota Solo dan Piala Rektor Unisri. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top