Pembinaan dan Ceramah Ilmiah MKKS SMP Kabupaten Wonogiri

Print Friendly and PDF

Kepala Disdikbud Kabupaten Wonogiri, Drs. Siswanto, M.Pd saat menyampaikan pembinaan MKKS SMP se-Kabupaten Wonogiri

Pembinaan dan Ceramah Ilmiah MKKS SMP se-Kabupaten Wonogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan Pembinaan dan Ceramah Ilmiah. Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten beserta jajarannya. Forkompincam Kecamatan Manyaran dan Kepala SMP se-Kabupaten Wonogiri. Sabtu (5/1/2019) bertempat di SMP Negeri 1 Manyaran.

Kepala Disdikbud Kabupaten Wonogiri,  Drs. Siswanto, M.Pd memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada MKKS SMP Kabupaten Wonogiri menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan ceramah ilmiah. Melalui kegiatan ini dapat terjalin komunikasi eksternal yang dapat meningkatkan layanan dan kualitas pendidikan.

"Pendidikan sangat penting adanya komunikasi internal maupun eksternal. Sebab keberhasilan pendidikan tidak akan berjalan tanpa sinergi dari stakeholder yaitu pemerintah dan masyarakat," ucapnya.

Siswanto menambahkan perlunya penguatan karakter siswa melalui seni. Dia mencontohkan seni karawitan, seni pedalangan, seni tari yang berkolaborasi tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dimainkan siswa SMP Wonogiri belum lama ini mampu menyuguhkan sajian penuh filosofi kebaikan yang dapat membangun karakter siswa melalui penguatan pendidikan budaya.

"Pentas ini mendapatkan apresiasi dari tokoh seniman. Hadir juga tokoh nasional yang menyaksikan pertunjukan. Ini merupakan pencapaian prestasi bagi Wonogiri di tingkat nasional. Semua itu berkat pendidikan yang diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran dan perlu ditingkatkan," ujarnya.

Pihaknya mengingatkan kepada guru agar mengawasi dan memantau siswa terkait masih adanya pembulian yang dilakukan anak ke anak.

"Anak minta uang orang tua untuk kegiatan sekolah padahal tidak untuk kegiatan sekolah karena anak posisi dalam ancaman teman sekolah. Hal ini dapat terjadi anak melakukan perkelahian kelompok," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua MKKS SMP Kabupaten Wonogiri,  Gino dalam laporan kegiatan menyampaikan dalam meningkatkan layanan pendidikan lintas sektoral MKKS SMP Kabupaten Wonogiri mengadakan gerakan bersama revolusi mental melalui penguatan karakter dan kesadaran hukum terkait undang-undang IT,  penyalahgunaan narkoba, dan pendidikan reproduksi remaja.

"Dunia pendidikan mengawal program itu secara kontinyu. Untuk peningkatan mutu akademik pihaknya mengundang pakar terkait ujian nasional dalam rangka bedah SKL ujian nasional," katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top