Sosialisasi Sekolah Adiwiyata SMA Negeri 1 Manyaran

Print Friendly and PDF

Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup,
Konfrontadi Febrianto,  M.MA saat menyampaikan materi tentang sekolah Adiwiyata. 

Sosialisasi Sekolah Adiwiyata SMA Negeri 1 Manyaran


Wonogiri-majalahlarise.com-SMA Negeri 1 Manyaran menyelenggarakan sosialisasi Sekolah Adiwiyata. Kegiatan ini diikuti seluruh guru, karyawan dan komite sekolah dengan mengadirkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonogiri. Kamis (27/12/2018) bertempat di Hotel Pondok Sari 2 Tawangmangu, Karanganyar.

Kepala SMA Negeri 1 Manyaran,  Drs Suprapto, M.Pd dalam pembukaan kegiatan mengatakan sosialisasi ini dalam rangka mempersiapkan SMA Negeri 1 Manyaran ditunjuk Dinas Lingkungan Hidup untuk mengikuti program sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi tahun 2019. Ia bersama tim Adiwiyata berusaha amanah yang diberikan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

"Sosialisasi Adiwiyata ini semuanya ikut partisipasi baik itu guru, siswa, dan stakeholder untuk menyukseskan program sekolah Adiwiyata," terangnya.

Sementara itu pemateri Adiwiyata, Kabid Pembinaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Wonogiri, Ir. Konfrontadi Febrianto, M.MA menyampaikan budaya tidak peduli lingkungan banyak ditemukan di masyarakat seperti tanpa rasa bersalah membuang bungkus makanan dari dalam mobil ketika perjalanan, pembakaran sampah yang dapat menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan, memaku pohon, membuang sampah plastik sembarangan padahal bungkus plastik 50 tahun tidak dapat terurai. Bahkan sampah plastik yang menumpuk di laut saat ini sudah mencapai 1 milyar.

"Kembangkan budaya cerdas dengan Adiwiyata. Dinas Lingkungan Hidup memberikan bimbingan dan pendampingan. Saya percaya dan yakin SMA Negeri 1 Manyaran mampu mewujudkan sekolah Adiwiyata. Satukan niat dan semangat bisa maju di Adiwiyata Provinsi dan Nasional.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan program Adiwiyata menciptakan lingkungan sekolah yang indah sebagai tempat memperoleh ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap serta nilai-nilai kehidupan dengan membiasakan perilaku peduli lingkungan.

"Empat komponen Adiwiyata yaitu kebijakan berwawasan lingkungan,  kurikulum berbasis lingkungan,  kegiatan berbasis partisipatif, sarana pendukung lingkungan," ungkapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top