Ratusan Anak TK Ikuti Selogiri Mendongeng

Print Friendly and PDF

Anak-anak TK se-kecamatan Selogiri mendengarkan dongeng yang dibawakan kak Nasyir dari Surakarta. 

Ratusan Anak TK Ikuti Selogiri Mendongeng

Wonogiri-majalahlarise.com-Ratusan anak Taman Kanak--kanak se-kecamatan Selogiri mendengarkan kisah dongeng persahabatan yang dibawakan oleh pendongeng anak kak Nasyir dari Surakarta. Mereka tampak bergembira, ceria dan bahagia mengikuti alur cerita dongeng sampai selesai. Kegiatan yang bertajuk Selogiri Mendongeng itu mengangkat tema "Melalui dongeng untuk mengembalikan karakter anak bangsa". Kamis (6/12/2018) bertempat di Balai Kantor Desa Pule Selogiri.

Kegiatan akhir semester satu tahun pelajaran 2018/ 2019 itu dibuka oleh Koordinator Wilayah (Korwil)  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Selogiri, Widodo. Dalam sambutan pembukaan ia menyampaikan mendongeng bisa menanamkan dan membentuk karakter baik mampu membuat anak jadi sholeh dan sholekhah.

"Mendongeng di lingkungan keluarga bisa membentuk watak dan karakter anak yang baik. Dalam pelaksanaan mendongeng tidak pada kegiatan tertentu bisa waktu luang menjelang tidur diberikan dongeng kepahlawanan, kebudayaan seperti cerita tentang wayang kulit tokoh yang bisa menjadi teladan," paparnya.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) kecamatan Selogiri, Hesti Budiyanti disela-sela kegiatan mengatakan kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Selogiri ini untuk memperkenalkan anak yang saat ini mendongeng hampir tidak diberikan pada anak-anak.

"Adanya mendongeng ini anak biar tahu mendongeng, ada toleransi pada teman biasanya akhir dari cerita ada nasehat-nasehat berupa pendidikan karakter. Kita melibatkan orang tua agar nanti disaat anak-anak di rumah orang tua bisa mengajak anak mendongeng," katanya.

Sementara itu, Pengawas TK Selogiri, Sri Suprihatin mengungkapkan mendongeng punya dampak bagi anak. Sehingga sedini mungkin karakter anak terbentuk pada karakter anak baik, sopan santun, perilaku sesuai tema mendongeng menumbuhkan karakter anak yang baik.

"Walaupun di sekolah sudah ada pembiasaan-pembiasaan perilaku yang baik dan diaplikasikan dengan mendongeng diharapkan pendidikan lebih mengena terpatri ingatannya dan mudah diterapkan dalam kehidupan keseharian," ujarnya. (Sofyan)


1 komentar:

  1. Dengan mendengarkan dongeng bisa membentuk karakter anak.
    Dengan dongeng/ cerita keteladanan yang baik akan membentuk karakter anak baik.

    BalasHapus


Top