Turis Swedia Belajar Karawitan di SMPN 4 Pracimantoro

Print Friendly and PDF

Turis Swedia saat belajar karawitan di SMPN 4 Pracimantoro. (foto: dok Agus).
Turis Swedia  Belajar Karawitan di SMPN 4 Pracimantoro

Wonogiri-majalahlarise.com-Seni karawitan sebagai salah satu aset budaya bangsa Indonesia ternyata menarik perhatian wisatawan dari Swedia. Dalam kunjungan wisata ke Indonesia, delapan orang turis dari negara Swedia menyempatkan waktu untuk berkunjung ke SMP Negeri 4 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Jumat (9/11/ 2018).

Kunjungan delapan orang turis dari Swedia untuk belajar seni karawitanitu disambut hangat dan meriah oleh warga sekolah. Bahkan mereka juga menyempatkan untuk foto bersama dengan guru dan siswa.

Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro, Agus Sumarno, S.Pd, MM, MPd menjelaskan bahwa kunjungan wisatawan Swedia itu untuk melihat dari dekat pelaksanaan pembelajaran seni karawitan dan mereka ikut berlatih memainkan alat musik gamelan bersama siswa.

"Mereka tampak gembira melihat siswa SMP sudah terampil menabuh gamelan," jelas Agus kepada media, Minggu (18/11/2018).

Misi kunjungan wisatawan mancanegara itu, menurut Agus, merupakan kebanggaan tersendiri bagi SMP Negeri 4 Pracimantoro karena seni karawitan sebagai salah satu budaya bangsa ternyata menarik perhatian wisatawan asing. 

"Di SMP ini seni karawitan memang menjadi program unggulan sehingga mendapat dukungan dari orangtua siswa, masyarakat, dan pemerintah," jelasnya.

Salah seorang turis Swedia, Doktor Worf memberikan apresiasi positif atas semangat siswa SMP Negeri 4 Pracimantoro dalam melestarikan seni tradisional, khususnya seni karawitan. Dia memuji anak-anak sudah pintar memainkan gamelan dan gendingnya sudah laras.

"Sebaiknya sekolah memiliki  ruang seni karawitan yang kedap suara. Agar telinga siswa tidak terganggu oleh kerasnya suara gamelan, saat latihan para penabuh  mengenakan ear protection atau pelindung telinga," saran Worf. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top