Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Asyik Belajar Menimbang Buah

Print Friendly and PDF

Siswa kelas 3 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo asyik menimbang buah-buahan.


Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat Asyik Belajar Menimbang Buah

SOLO-majalahlarise.com-Ada pemandangan menarik dari aktivitas siswa kelas 3 SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, Selasa (25/9/2018). Pagi itu mereka nampak asyik menimbang buah-buahan yang sudah mereka bawa dari rumah. Ada beberapa jenis buah yang  mereka siapkan, seperti semangka, melon, jeruk, apel, dan pir. Secara berkelompok mereka praktik menimbang buah tersebut dengan timbangan yang sudah disiapkan guru.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda rehat Penilaian Tengah Semester (PTS) 1 sekaligus mengenalkan materi pembelajaran dengan Tema 3 "Benda di Sekitarku" Subtema 1 "Wujud Benda".  Sebayak 87 siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberi tugas untuk simulasi kegiatan menimbang buah dan membandingkan kesetaraan dari beberapa macam buah tersebut.

Salah satu siswa kelas 3, Naureen Adzkia Lafatunnisa bersama kelompoknya terlihat asyik menimbang buah yang mereka bawa. Mereka mencoba menimbang 1 buah melon dengan beberapa apel. Apabila hasil timbangan apel lebih berat dari 1 buah melon, mereka mencoba mengurangi buah apel atau menggantikannya dengan ukuran yang lebih kecil sampai berat antara keduanya bisa seimbang. Ketika kedua timbangan bilik kanan dan kiri seimbang, mereka berteriak "horeee" dan mencatatnya di lembar kerja peserta didik.

"Seru banget, soalnya saya belum pernah belajar menggunakan timbangan seperti ini. Apalagi setelah ditimbang buahnya bisa dimakan bersama teman-teman", ungkapnya dengan penuh semangat.

Titik Mindarti, salah satu guru kelas 3 menyampaikan pembelajaran seperti ini merupakan ciri khas dari implementasi Kurikulum 2013. Para siswa diajak untuk aktif dan merasakan langsung materi yang diajarkan melalui simulasi dengan pendekatan saintifik.

"Melalui kegiatan seperti ini siswa seolah-olah bermain, padahal mereka  sedang belajar", ungkapnya kepada media.

Titik juga menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa melatih kerjasama tim serta ketelitian siswa sebagai bekal life skill untuk masa depan mereka.

Setelah selesai belajar simulasi secara berkelompok, buah yang mereka bawa dari rumah dimakan bersama-sama. Siswa diperbolehkan untuk saling bertukar buah dan berbagi dengan teman-temannya.

Rencananya, di samping kegiatan di sekolah tersebut rehat PTS 1 juga akan diisi out bond di lapangan kampus 2 UMS (27/9) dan market day di hall sekolah (28/9) mendatang. (Sofyan)


1 komentar:


Top