Upacara HUT ke-73 tahun Kemerdekaan RI di Kecamatan Manyaran

Print Friendly and PDF

Pengibaran bendera Merah Putih oleh Paskibra Kecamatan Manyaran.
Atraksi tari kolosal yang dibawakan siswa SD Negeri 1 Pijiharjo, Manyaran.

Upacara HUT ke-73 tahun Kemerdekaan RI di Kecamatan Manyaran

Wonogiri-majalahlarise.com-Sebelum pelaksanaan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun di kecamatan Manyaran, peserta upacara dihibur tampilan drum band pelajar, tari kolosal dan atraksi polisi anak. Jum'at (17/8/2018).

Sekolah yang menampilkan drum band pelajar yakni TK Pertiwi Karang Lor, TK Islam Al Amin Bero, SD Negeri 2 Manyaran, TK Al Huda Manyaran, SD Negeri 3 Punduhsari, SMP Negeri 2 Manyaran, SMP Negeri 1 Manyaran. Sedangkan tampilan tari kolosal dibawakan siswa dari SD Negeri 1 Pijiharjo mengangkat tema perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap Belanda, MTs Negeri 5 Wonogiri membawakan kisah tari kolosal Pasukan Pangeran Diponegoro yang berjumlah ribuan siap melawan penjajah Belanda. Sedangkan SD Negeri 1 Manyaran membawakan tari Mutar Tanah Air diiringi permainan musik kombinasi angklung.

Upacara yang dipusatkan di lapangan Karang Lor Manyaran ini sebagai inspektur upacara Camat Manyaran, Rahmat Imam Santosa. Dalam amanat upacara pihaknya membacakan sambutan dari Bupati Wonogiri, Joko Sutopo.

Dalam pesannya, disampaikan bangsa Indonesia dibangun dari berbagai keanekaragaman seni dan budaya sehingga kemeriahan peringatan hari kemerdekaan penuh warna kebahagiaan dalam persatuan dan kesatuan.

Lebih lanjut disampaikannya, tahun ini negara kita mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah Asean Games 2018 tamu negara-negara Asia. Tetap selalu memberi dukungan kepada Altet Indonesia agar meraih hasil terbaik sesuai tema perayaan HUT ke-73 tahun kemerdekaan kali ini adalah "Kerja Kita Prestasi Bangsa".

Dalam event Asian Games tersebut sovenir berupa tatah sungging maskot dan gunungan wayang kulit adalah produk dari Kabupaten Wonogiri. Karya trampil dari sanggar Kepuhsari Kecamatan Manyaran. Membuktikan seniman Wonogiri diakui dunia Internasional.

Ditemui usai upacara, Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd berharap peringatan kemerdekaan Indonesia ini SMA Negeri 1 Manyaran bisa mengisi kemerdekaan melalui kerja nyata berusaha lebih baik dari tahun kemarin.

Di tempat yang sama, Ketua Peringatan HUT ke-73 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Kecamatan Manyaran, Tejo Sudrajat mengatakan berbagai lomba telah dilaksanakan diantaranya lomba bulutangkis, bola voli, catur, lomba tretek, lomba memasak tradisional. Sedangkan lomba pawai budaya yang dilaksanakan tanggal 19 Agustus 2018, dan kegiatan malam resepsi tanggal 23 Agustus 2018.

"Hari ini kita melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan. Mudah-mudahan dengan peringatan HUT RI ke-73 tahun ini masyarakat terus meningkatkan semangat kemerdekaan, menjaga keutuhan NKRI dan mengembangkan potensi yang diwujudkan dalam perekonomian dan kebudayaan," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top