Pengembangan Karakter 2018 STIE Perbanas Surabaya

Print Friendly and PDF

Mahasiswa baru STIE Perbanas Surabaya saat mengikuti kegiatan outbond.

NGANTER, Gali Softskill Mahasiswa Baru Untuk Siap Hadapi Perkuliahan

SURABAYA-majalahlarise.com-Sebelum aktif mengikuti perkuliahan tahun akademik 2018/2019, Mahasiswa Baru STIE Perbanas Surabaya mengikuti serangkaian kegiatan Sosialisasi Kegiatan Kampus (SKK), mulai dari HARMONI, NGANTER, hingga Ormawa Expo. Saat ini, Maba tahun 2018 menikmati keseruan outbond yang di selenggarakan di area kampus.

Jelas terlihat, senyuman, gelak tawa, keceriaan, dan kekompakan pun terlihat di wajah para mahasiswa baru. Hal ini membuktikan, outbond bisa dilakukan di area kampus. Acara yang dikemas dalam kegiatan Pengembangan Karakter (NGANTER), tujuannya untuk pengenalan dunia kampus yang dikonsep dengan outbond permainan. Kegiatan pun berlangsung selama dua hari, tepatnya pada hari Selasa  dan Rabu, (28-29/8/2018).

Ketua Pelaksana Harmoni 2018, Achmad Saiful Ulum, S.AB., M.AB., memaparkan kegiatan Pengembangan Karakter ini bertujuan membekali mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus. Salah satunya dengan menggali potensi mahasiswa melalui berbagai games yang diikuti sehingga mereka nantinya mampu memecahkan permasalahan,  meningkatkan pola pikir, kerjasama tim hingga menjalin keakraban.

 ”Siangnya nanti, setiap kelompok mahasiswa baru tampil dalam acara Inagurasi. Hal ini dimaksudkan agar mereka berani tampil di depan umum,” jelas Achmad Saiful Ulum.

Lanjutnya, melalui program Nganter, pihaknya ingin mahasiswa baru memiliki pemikiran yang inovatif, kreatif, dan berpikir kritis. Harapan tersebut dikembangkan sesuai dengan karakter setiap mahasiswa. ”Misalnya pidato 2 menit, mahasiswa baru dilatih untuk berani berargumentasi, solutif, dan kreatif berdasarkan topik yang ditetapkan oleh kakak tingkatnya,” imbuhnya.

Adapun permainan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru 2018/2019 STIE Perbanas Surabaya, meliputi: Blind Train, Rolling Marbles, Lingkar Berjalan, Bola Tiup, dan Pidato 2 Menit. Di akhir acara, setiap grup yang terbagi menjadi 42 kelompok mahasiswa baru menampilkan bakat mereka yang terpendam, mulai dari Akustik, Flashmob, Traditional Dance, Moderrn Dance, Puisi Bersambung, Drama Komedi, Drama Musikal, Karaoke Dangdut, Vocal Group, Musikalisasi Puisi, dan Parodi Iklan/Film.
 
Salah satu mahasiswa baru, Valia Maharani mengaku sangat menyukai games Rolling Marble. Melalui pemainan tersebut dirinya merasa bebas untuk mengekplorasi diri dan tetap memiliki sikap disiplin, percaya diri, hingga tanggung jawab untuk menyelesaian misi sampai finish. 

”Meski sudah siang dan capek, saya tadi tetap semangat lari-larian  menyelesaikan game kelereng. Pada game ini saya bisa mengutarakan pendapat dan percaya diri. Jadi, saya berharap ketika kuliah nanti bisa menerapkan kedisiplinan, tanggung jawab, dan bersosialisasi secara baik dengan teman kuliah,” kesan alumni SMA Khadijah Surabaya ini. (Eko/Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top