STIE Perbanas Adakan Pengabdian Masyarakat Institusi Tahun 2018

Print Friendly and PDF

Ketua STIE Perbanas Surabaya,  Dr.  Lutfi,  M.Fin usai menandatangani nota kesepahaman dan kerjasama (MoU)  dengan MGMP Ekonomi Jawa Timur. 
Erida Herlina berikan pelatihan SAK UKM dan Excel for Accounting. 

Ratusan Guru SMA/SMK/MA Se-Jawa Timur Ikut 6 Macam Pelatihan di STIE Perbanas

SURABAYA-Keberadaan suatu perguruan tinggi memberikan dampak positif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain fungsinya dibidang pengajaran, perguruan tinggi juga berperan dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Untuk itulah 150 guru SMA/SMK/MA se-Jawa Timur mengikuti berbagai pelatihan yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) STIE Perbanas Surabaya. Sabtu (28/7/2018).
     Kepala PPPM STIE Perbanas Surabaya, Dr. Dra. Ec. Rr. Iramani, M.Si., mengatakan kegiatan  Pengabdian Masyarakat Institusi ini terlaksana dengan cara kolaborasi bersama 6 laboratorium di kampusnya. Keenam laboratorium tersebut, antara lain: Lab. Manajemen, Lab. Akuntansi, Lab. Bank, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, dan Unit Layanan Psikologi.
     ”Pelatihan yang kami berikan, meliputi: Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Video, Pelatihan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Populer, Pelatihan Operasional Perbankan Konvensional, Pelatihan SAK UKM & Excel for Accounting, dan Pelatihan Teknik Motivasi Siswa Generasi Milenial. Kalau Sabtu kemarin sudah terlaksana Pelatihan Simulasi & Strategi Investasi pada Saham,” jelasnya dísela pelatihan.
     Lebih lanjut, pihaknya berharap pelatihan gratis yang diadakan oleh STIE Perbanas Surabaya ini bisa dimanfaatkan para guru untuk meng-update pengetahuan terkini. Pasalnya, perkembangan pembelajaran era digital ini sangat pesat dan harus diikuti oleh para guru. Peningkatan kompetensi guru atau semacam sertifikasi guru pasti butuh pelatihan, jadi mereka harus difasilitasi.
    ”Ke depan, kami ingin mengajak mereka untuk turun praktik melakukan penelitian. Dan, para guru bisa menyusun karya tulis ilmiahnya,” harapnya.
     Senada dengannya, Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Lutfi, M.Fin., memberikan kesempatan sepenuhnya kepada segenap guru yang hadir pelatihan untuk bisa menjalin kerjasama di beberapa waktu mendatang. Terkadang setiap sekolah belum memiliki Laboratorium IPS, STIE Perbanas Surabaya bisa memberikan pembelajaran kepada siswa. Kalau bagi guru, kita bisa memberikan pendalaman dalam memanfaatkan software, seperti SAP.
     ”Hari ini kami senang bisa bertemu dengan teman-teman guru MGMP Ekonomi Jawa Timur untuk menjalin kerjasama. Semoga kerjasama ini bisa meningkatkan kompetensi guru dalam pelaksanaan pembelajaran,” imbuh Dr. Lutfi, M.Fin.
     Sementara itu, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi Jawa Timur, Herman Hadiyanto, M.Pd., berterima kasih kepada STIE Perbanas Surabaya telah memberikan kesempatan kepadanya untuk membantu dalam peningkatan kompetensi guru ekonomi. Ia berharap nantinya bisa diberikan berbagai pelatihan masing-masing selama 32 jam, sehingga sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
     ”Bagi karir guru, kami memang butuh pelatihan yang intensif selama 32 Jam. Jadi, kami mengharapkan STIE Perbanas Surabaya bisa membantu dalam meningkatkan kompetensi guru melalui pengembangan media pembelajaran terkini,” harap Herman.
     Untuk merealisasikan harapan tersebut, STIE Perbanas Surabaya dan MGMP Ekonomi Jawa Timur menandatangi nota kesepahaman terkait kerjasama yang bisa dijalani oleh kedua belah pihak. (Eko/ Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top