Perkemahan Pramuka Pra Penegak SMAN 1 Pracimantoro

Print Friendly and PDF

Kamabigus Gudep SMAN 1 Pracimantoro,  Drs.  Nur Sahid,  M.Pd saat menyematkan tanda peserta Perpegak, di lapangan desa Trukan Pracimantoro. 

Membentuk Generasi Mandiri, Kreatif dan Inovatif

Wonogiri-majalahlarise.com-Cuaca dingin tidak menjadi penghalang bagi Pramuka SMAN 1 Pracimantoro melaksanakan agenda tahunan perkemahan Pramuka Pra Penegak (Perpegak). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dua malam, Kamis-Sabtu (26-28/7/2018) ini diikuti 182 siswa kelas X dan 50 panitia Dewan Ambalan Samratulangi dan Nyi Ageng Pinatih Gudep SMAN 1 Pracimantoro.
     "Sesuai tema perkemahan yakni mandiri, kreatif,  dan inovatif bertujuan Pramuka membentuk karakter mandiri yang bertanggungjawab sangat diperlukan menghadapi berbagai masalah baik permasalahan sendiri di sekolah maupun di manapun berada," papar Kamabigus sekaligus Kepala SMAN 1 Pracimantoro,  Drs. Nur Sahid, M.Pd saat upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Pra Penegak di lapangan bola desa Trukan,  Pracimantoro.
     Lebih lanjut dikatakannya, sebagai  generasi penerus bangsa dibutuhkan kreatifitas dalam penyelesaian setiap permasalahan tidak harus melalui satu jalan tapi banyak jalan yang bisa ditempuh.  Ia mencontohkan menggunakan alat tidak harus sesuai dengan biasanya seperti mengukur jarak tidak harus menggunakan meteran, mengangkat barang dengan alat-alat tertentu juga bisa inilah kreatifitas.
     "Teruslah berinovatif selalu menemukan hal-hal baru dan bermanfaat. Menjunjung tinggi memegang teguh Tri Satya dan Dasa Darma senantiasa kita laksanakan dalam kehidupan keseharian. Jika kalian laksanakan akan menjadi orang yang berkarakter,  takwa kepada Tuhan yang Maha Esa,  taat,  jujur,  punya semangat nilai juang tinggi sehingga tidak mudah menyerah dalam setiap menghadapi tantangan," jelasnya.
     Selain itu,  Nur Sahid mengucapkan terimakasih kepada pemerintah desa dan warga masyarakat desa Trukan memberikan dukungan dan meminjamkan lapangan desa untuk tempat perkemahan.
      Sementara itu, Kerani Dewan Ambalan,  Anisa Wahyu Ramadhani dalam laporan kesiapan perkemahan menyampaikan pengurus Dewan Ambalan mengharapkan dukungan doa dari semua pihak demi kelancaran kegiatan perkemahan. "Semoga kegiatan ini berguna bagi gugus depan SMAN 1 Pracimantoro khususnya, dan Gerakan Pramuka pada umumnya, " harapnya.
     Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari diantaranya materi sejarah Pramuka, materi seragam,  materi pionering,  baris-berbaris,  materi tata tertib, materi semaphore, antisipasi kenakalan remaja, materi pentingnya kepemimpinan bagi generasi muda,  manfaat kepramukaan,  api unggun dan pentas seni,  bakti sosial. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top