Literasi Jurnalistik di SMK Negeri 1 Ngargoyoso Karanganyar

Print Friendly and PDF

Pemateri, Sofyan dari e-news channel saat menyampaikan materi tentang literasi jurnalistik media radio. 
Sesi foto bersama pemateri,  panitia MPLS dan peserta MPLS.

Berbagi Pengalaman Praktis Dunia Jurnalistik

Karanganyar-majalahlarise.com-Selain diberi pembekalan mengenai dunia sekolah,  sebanyak 320 siswa terdiri 108 siswa program keahlian Akomodasi Perhotelan dan 194 siswa Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Ngargoyoso Karanganyar diberi wawasan mengenai literasi jurnalistik.  Kegiatan ini menghadirkan pembicara Sofyan dari e-News Channel dan Nanik Hastuti dari Kompas TV. Kamis (19/7/2018) di Aula sekolah setempat.
     Dalam sesi penyampaian materi, Sofyan memperkenalkan keberadaan e-News Channel yang merupakan media massa yang menaungi majalah Edukasi, e-News Radio dan e-News TV bersinergi untuk memberikan berita dan informasi positif kepada masyarakat luas.
     “Majalah Edukasi merupakan majalah pendidikan yang edarannya sampai nasional dikonsumsi oleh dunia pendidikan terbit satu bulan sekali. Sedangkan e-News Radio dan e-News TV penyampaiannya melalui internet atau streaming,” jelasnya.
     Lebih lanjut, Sofyan menjelaskan tentang seluk beluk dunia penyiaran radio dan cara melakukan reportase radio. Sebagai seorang penyiar maupun reporter yang harus diperhatikan dapat menyampaikan informasi secara jelas kepada masyarakat dengan bahasa yang lugas, singkat," jelasnya.
    “Seseorang yang bekerja sebagai seorang jurnalis harus siap peralatan seperti alat tulis, alat perekam, kamera foto, alat komunikasi, laptop atau komputer untuk mengetik berita. Salalu memperhatikan kesehatan, kecapatan dan ketepatan dalam bertugas, berpegang teguh pada kode etik jurnalistik. Selain itu siap ditugaskan dimana saja dan kapan saja,” katanya.
     Sementara itu, Reporter Kompas TV, Nanik Hastuti menerangkan cara pengambilan gambar video secara baik dan benar. “Pengambilan gambar tidak boleh goyang, memilih sudut pengambilan yang menarik, unik dan disukai masyarakat. Cara ambilnya long shoot, medium shoot, closeup sesuai topik bidikan terangnya.
     Dalam kegiatan itu, perwakilan siswa ikut praktek menjadi reporter radio dan penyiar radio serta menyaksikan video berita hasil liputan Kompas TV, dan e-News Channel.
     Kepala SMK Negeri 1 Ngargoyoso, Sri Eka Lelana, S.Pd, M.Pd mengatakan kegiatan literasi jurnalistik untuk memberikan pendidikan dan pelatihan pengalaman praktis kepada peserta didik baru utamanya dengan ketrampilan-ketrampilan pendukung kecakapan hidup dan pengembangan karakter.
     “Pengetahuan dan ketrampilan itu sebagai pengembangan diri peserta didik sehingga menjadi salah satu keterampilan dasar hidup untuk bergaul di sekolah kehidupan keluarga dan masyarakat,” tuturnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top