Guru SMAN 1 Sidoharjo Latihan Aplikasi ExamView dan Moodle

Print Friendly and PDF

Pelatih aplikasi, Budi Sutrisno, S.Pd, M.Pd saat membimbing  salah satu  peserta  pelatihan  aplikasi Exam View
Peserta pelatihan dari guru SMAN 1 Sidoharjo saat foto bersama sebelum pelatihan 

Guru SMAN 1 Sidoharjo Latihan Aplikasi ExamView dan Moodle

Wonogiri-majalahlarise.com-Siswa dalam mengerjakan soal ulangan semester maupun harian kedepan tidak lagi menggunakan media kertas. Namun mulai beralih ke media online. Untuk mempersiapkan soal ulangan secara online tersebut sebanyak 20 guru SMAN 1 Sidoharjo dilatih menggunakan aplikasi ExamView dan Moodle sebagai aplikasi soal ulangan. Rabu (18/7/2018) bertempat di ruang laboratorium komputer sekolah setempat.
     “Aplikasi Exam View ini untuk memudahkan memasukan soal-soal ulangan secara online sesuai kebutuhan pemakaian saat ulangan atau penilaian kenaikan kelas. Keunggulan aplikasi ini mengubah dari aplikasi MS. Word ke Blink Word tanpa harus mengedit satu per satu,” jelas pelatih aplikasi Budi Sutrisno, S.Pd, M.Pd disela-sela kegiatan.
     Lebih lanjut, pria yang juga mengajar seni musik ini mengatakan penerapan ulangan secara online sudah dilaksanakan sejak satu tahun lalu menggunakan aplikasi Moodle. Tapi aplikasi ini memasukkan data soal masih manual perlu diedit dan beberapa mata pelajaran ada gambar memasukkan satu persatu.
     “Menggunakan Aplikasi Exam View dapat menghemat waktu karena data soal dapat langsung dimasukkan keseluruhan gambar tanpa editing,” ungkapnya.
     Kemudian, pihaknya menyampaikan adanya ulangan secara online ini memiliki manfaat pengerjaan soal ulangan sangat efesien dan efektif seperti mengerjakan soal UNBK.  Selain itu, siswa ketika mengerjakan secara jujur,  tidak ada kerjasama  karena lama waktu pengerjaan dihitung mundur sesuai waktu yang ditentukan.
     “Soal-soal ulangan dapat diacak sekaligus acak soal pilihan ganda. Adanya ulangan online ini ketika menghadapi UNBK siswa tidak kaget. Sebab sejak kelas X sudah menggunakan sistem online,” katanya.
     Kepala SMAN 1 Sidoharjo, Dr. Uswatun Hasanah menambahkan ulangan menggunakan sistem online sangat menguntungkan bagi guru dan sekolah. Selain hemat waktu juga hewat biaya.
     “Kalau menggunakan kertas harus menggandakan perlu biaya. Awalnya saja guru yang kerepotan memasukkan soal tapi seterusnya tidak malah sangat dipermudah,” terangnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top