Bakti Alumni FISIP Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF


Pembicara Mulato Ishaan dari LPP RRI Surakarta saat memaparkan materi pelatihan reporter radio
Peserta pelatihan reportase radio

Latih Mahasiswa FISIP Jadi Reporter Radio

Sukoharjo-majalahlarise.com-Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Univet Bantara Sukoharjo menyelenggarakan kegiatan bakti alumni berupa pelatihan reportase radio mengangkat tema strategi berkompetensi dalam jurnalisme media real time. Menghadirkan pembicara salah satu alumni FISIP, Mulato Ishaan, S.Sos yang saat ini berprofesi sebagai Reporter LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta. Kamis (3/5/2018). Bertempat di Gedung D, FISIP lantai 2.
     Dalam kesempatan itu, Mulato Ishaan memaparkan tentang penulisan jurnal, laporan berita dan report on the spot (ROS) media radio. “Berita radio terbagi berita straight news atau berita langsung, feature dan report on the spot atau laporan langsung dari tempat terjadinya peristiwa. Sedangkan radio memiliki kekuatan langsung menginformasikan langsung kondisi peristiwa yang sedang berlangsung, tanpa batas geografi, mampu membuat imajinasi, murah, terjalin suasana hangat antara pelaku radio dengan pendengar, mendidik dan menghibur,” paparnya.
     Lebih lanjut, Pria lulus FISIP Univet Tahun 2012 ini menjelaskan radio juga memiliki kelemahan yakni berita yang disampaikan sekilas lalu hilang tidak bisa diulang seperti membaca majalah atau koran. Maka dalam pembuatan berita radio dibutuhkan berita yang singkat, jelas, lugas dan padat tidak lebih dari sepuluh baris.
     “Ketika membuat berita radio harus singkat laporan dengan rekaman insert durasi tidak lebih dari dua menit dan dalam penyampaian harus linier berurutan kronologis peristiwa dari kejadian awal sampai akhir. Berusaha jangan sampai dalam penyampaian laporan berita ada noise atau gangguan,” terangnya.
Mengenai unsur-unsur daya tarik berita, laki-laki yang diangkat pegawai RRI tahun 2016 ini menyampaikan berita harus aktual, berakibat pada kehidupan orang banyak, mengandung unsur ketokohan atau nama besar, langka, dekat atau proximity, mengandung konflik, membawa perubahan, konkret,
     Sementara itu, Dekan FISIP Univet, Drs. Joko Suryono, M.Si dalam sambutan pembukaan kegiatan mengatakan diselenggarakan pelatihan reportase radio bagi mahasiswa semester empat ini untuk memfasilitasi mahasiswa agar bertambah wawasan dan pengetahuan dibidang radio terutama dalam reportase radio.
     “Harapan kita melayani mahasiswa sebaik-baiknya berkaitan ilmu pengetahuan, ketrampilan dibidang komunikasi. Hari ini menghadirkan alumni FISIP, Mulato Ishaan yang memiliki loyalitas, dedikasi, membagikan ilmu dan pengalaman yang telah diperolehnya selama bekerja kepada adik-adiknya dalam bakti alumni,” harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top