Aksi Bang Dowo Lestarikan Tembang Dolanan Jawa

Print Friendly and PDF

Tim PKM-M Univet Sukoharjo saat memberi pelatihan aplikasi tembang dolanan jowo kepada siswa SD Tarbiyyatul Islam Manang, Grogol, Sukoharjo.
Tim PKM-M Univet Bantara Sukoharjo
Aksi Bang Dowo Lestarikan Tembang Dolanan Jawa

SUKOHARJO-majalahlarise.com-Tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Univet Bantara Sukoharjo ikut membantu melestarikan tembang Dolanan Jowo melalui PKM berjudul Upaya Pelestarian Tembang Dolanan Jowo dengan Aksi Bang Dowo (Aplikasi Tembang Dolanan Jowo) sebagai Media Pembelajaran.
     Realisasi PKM–M Aksi Bang Dowo dilaksanakan di Sekolah Dasar Tarbiyyatul Islam Manang, Grogol, Sukoharjo diikuti oleh 60 siswa siswi kelas IV, Kepala Sekolah dan guru. Senin-Selasa (14-15/5/2018).
     Kegiatan ini dilakukan mahasiswa Univet, Nuri Suryani (Ilmu Komunikasi/2017) sebagai ketua Tim, dengan beranggotakan Nana Krisdianti (Ilmu Komunikasi/2017), Arga Safitri (PGSD/2015), Sugiyanto (PBSD/2016).
     “Selamat datang dan terimakasih untuk Tim PKM – M Univet Bantara Sukoharjo yang rela membagi ilmunya kepada kami, semoga bermanfaat dan kegiatan berjalan lancar," kata Kepala SD Tarbiyyatul Islam Manang, Abid Setyobudi saat membuka kegiatan.
     Dalam sosialisasi Aksi Bang Dowo, salah satu anggota Tim PKM-M Arga Safitri memaparkan kegiatan ini merupakan wujud realisasi Program Kreativitas Mahasiswa yang telah didanai Dikti. “Tujuan adanya Aksi Bang Dowo atau Aplikasi Tembang Dolanan Jowo untuk mengenalkan kembali Tembang Dolanan Jowo beserta maknanya,” ucap Arga.
     Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan Aplikasi Tembang Dolanan Jowo yang di pandu oleh Nuri Suryani. Aplikasi yang berbasis Komputer atau Laptop ini, dibuat menggunakan Adobe Flash CS 3, didesain semenarik mungkin dan mudah di operasikan.
     Diakhir kegiatan diisi diskusi bersama siswa siswi  untuk memberi pemahaman bagi yang kurang paham dengan Aksi Bang Dowo. Setelah itu, kegiatan ditutup dengan penyerahan kenang – kenangan dari Tim PKM Aksi Bang Dowo kepada Kepala Sekolah SD TI Manang. (Sofyan)










2 komentar:

  1. Smoga bisa diajarkan di sekolah2 lain ya
    ....

    BalasHapus
  2. Bagus sekali! Dengan adanya aplikasi ini sebagai salah satu cara melestarikan budaya jawa untuk generus. Semoga bermanfaat

    BalasHapus


Top