Peringatan Hari Kartini SD Negeri 1 Pracimantoro

Print Friendly and PDF

Happy Meylani Saputri siswi kelas 6 saat memimpin upacara peringatan hari Kartini di SDN 1 Pramantoro

Kepala Sekolah beserta guru saat foto bersama mengenakan pakaian adat

Siswa menunjukkan hasil karya lomba merangkai bunga
Jadilah Kartini-Kartini Baru

Wonogiri-majalahlarise.com-Setiap tahun bangsa Indonesia memperingati hari lahir R.A. Kartini yang merupakan sosok pahlawan wanita pejuang pembela hak-hak kaum wanita Indonesia. Peringatan ini mengingatkan kembali bagaimana perjuanganya menginginkan hak wanita sama dengan hak laki-laki. Berkat perjuangannya saat ini wanita Indonesia memiliki hak yang sama dengan laki-laki.
     Peringatan Hari Lahir R.A Kartini ini juga dilaksanakan di SDN 1 Pracimantoro dengan melakukan upacara bendera. Selaku pembina upacara Yuni Dwi Hastuti, S.Pd, SD. Pemimpin upacara Happy Meylani Saputri siswi kelas 6, pembaca sejarah singkat Ibu Kita Kartini Josephine Anggun Melati siswi kelas 6. Selain itu dimeriahkan berbagi kegiatan yakni lomba fashion show semua siswa, pesta kebun, mewarnai gambar untuk kelas 1, 2, 3. Sedangkan kelas 4, 5, dan 6 lomba merangkai bunga dan menghias kelas. Sabtu (21/4/2018).
     Kepala SDN 1 Pracimantoro, Suharto, S.Pd, M.Pd menghimbau kepada siswa-siswi SDN 1 Pracimantoro utamanya anak wanita hendaknya bisa menjadi Kartini-Kartini baru yang dapat berguna bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta ini.
     "Kami menghimbau kepada para siswa untuk tidak berpangku tangan, bermalas-malasan, dari sekarang hendaknya selalu giat belajar untuk  dapat mandiri, tangguh dan profesional dalam menghadapi tantangan di era globalisasi ini, namun hendaknya tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita," tuturnya.
     Lebih lanjut, pria ramah ini menyampaikan begitu berat tantangan Kartini pada saat itu karena Indonesia masih dalam cengkeraman penjajah yang kesempatan belajar (sekolah) sangat terbatas apa lagi bagi kaum wanita, serta adat yang masih kuat sehingga hak-hak wanita yang sangat terbatas.
     "Atas perjuangan Kartini saat ini sudah tidak ada perbedaan hak antara pria dan wanita, maka sekarang tidak jarang kaum wanita yang kemampuannya menyamai bahkan melebihi kaum pria seperti banyak menteri wanita bahkan Indonesia pernah dipimpin oleh seorang wanita. Itu semua berkat perjuangan Kartini yang dikenal dengan Pahlawan Emansipasi Wanita," katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top