SMAN 1 Manyaran Study Campus ke Universitas Negeri Yogyakarta

Print Friendly and PDF

Waka Kurikulum SMAN 1 Manyaran, Kalis Joko Wiyono, S.Pd saat menyerahkan cinderamata kepada Kabid Humas, Promosi dan Protokol UNY

Siswa dan Guru saat mendengarkan penjelasan tentang UNY

Siswa memperhatikan penjelasan dari pemandu wisata Museum Gunung Merapi
Mengenal Lebih Dekat Dunia Kampus

Wonogiri-majalahlarise.com-Sebanyak 200-an siswa dari kelas X, XI, XII SMAN 1 Manyaran melaksanakan study campus ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kegiatan ini untuk memperkenalkan siswa tentang dunia kampus. Sehingga mereka memiliki wawasan setelah lulus nanti dapat memilih program studi yang diinginkan. Kamis (29/3/2018).
     Waka Kurikulum SMAN 1 Manyaran, Kalis Joko Wiyono, S.Pd menyampaikan kunjungan study campus bertujuan memotivasi siswa dalam belajar sehingga mereka tertarik belajar lebih giat.  
      "Anak-anak ingin mengetahui apa itu universitas, fakultas, program studi atau jurusan, rektorat dan lingkungan kampus. Seandainya ada yang masuk UNY tidak binggung atau salah masuk," terangnya disela-sela kunjungan.
     Manfaat study campus, menurutnya setelah siswa mengetahui semua hal tentang UNY pulang dari kunjungan bisa membenahi diri, mawas diri dan terpacu bisa masuk kuliah di UNY atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
     Kepala Bidang Humas, Promosi dan Protokol Universitas Negeri Yogyakarta, Lina Nur Hidayati, MM saat menerima siswa dan guru SMAN 1 Manyaran menyampaikan terimakasih atas kunjungannya ke UNY dan menjelaskan semua hal terkait keberadaan UNY sebagai perguruan tinggi negeri yang sudah memperoleh akreditasi A.
     "Semua informasi UNY bisa diakses melalui web. www.uny.ac.id. UNY memiliki tujuh Fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ekonomi dan Program Pasca Sarjana (S2)," terangnya.
     Selesai menerima penjelasan tentang UNY secara lengkap, siswa dan guru menyempatkan mengunjungi laboratorium kewirausahaan Fakultas Ekonomi yaitu Plaza UNY yang menjual berbagai produk hasil karya mahasiswa UNY yang sudah diseleksi dan layak dijual.
     Setelah study campus ke UNY, rombongan siswa dan guru menuju ke Museum Gunung Merapi (MGM) di Sleman Yogyakarta melihat secara detail berbagai hal tentang gunung api beserta akibat yang ditimbulkan dari letusan gunung berapi.
     Kepala SMAN 1 Manyaran, Drs. Suprapto, M.Pd sebelum pemberangkatan menjelaskan adanya study kampus ini diharapkan siswa bisa termotivasi melihat langsung secara nyata tentang kehidupan kampus sehingga mereka nantinya setelah lulus SMA bisa melanjutkan kuliah.
     "Siswa ada gambaran bahwa kuliah itu bisa ditempuh melalui berbagai beasiswa yang sudah ada. Adanya kegiatan ini menghilangkan pola pikir kuliah itu mahal. Jika dapat beasiswa biaya pasti murah," ujarnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top