Pameran Produk Mahasiswa KKN Periode II Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P bersama jajaran Rektorat saat berkunjung di stand produk unggulan mahasiswa KKN.

Pameran Produk Mahasiswa KKN Periode II Univet Bantara Sukoharjo

SUKOHARJO-majalahlarise.com-Berbagai jenis makanan dan hasil teknologi tepat guna produk mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode II Tahun 2017/ 2018 Univet Bantara Sukoharjo dipamerkan di halaman kampus.  Rabu (28/3/2018).
     Produk ini merupakan produk unggulan yang digali dari potensi desa setempat diajarkan kepada masyarakat oleh mahasiswa KKN yang diterjunkan di 38 Desa meliputi empat kecamatan yaitu kecamatan Tawangmangu, kecamatan Jatiyoso di Kabupaten Karanganyar. Kecamatan Parang dan Kecamatan Lembeyan di Kabupaten Magetan.
    Kepala Pusat KKN Univet Bantara Sukoharjo, Muhammad Husayain Rifai, S.Pd, M.Pd disela-sela acara kepada awak media mengatakan produk yang dipamerkan merupakan produk yang digali dan dikembangkan dari potensi warga setempat sehingga dapat memberi manfaat bagi warga masyarakat sesuai tema KKN yaitu bersama masyarakat memberi manfaat.
     “Jenis produk didominasi produk kuliner ini dikarenakan dianggap mahasiswa paling mudah dikembangkan di desa tempat KKN. Ada juga produk teknologi tepat guna merupakan produk kolaborasi mahasiswa teknik dan mahasiswa pertanian seperti alat-alat pertanian maupun produk pupuk organik,” ungkapnya.
     Lebih lanjut, dijelaskan mahasiswa selesai KKN telah membagikan ilmu dan pengetahuan kepada masyarakat desa dengan melibatkannya dalam pembuatan produk-produk unggulan dari proses pembuatan sampai pemasaran. Sehingga setelah ditinggal mahasiswa KKN, masyarakat bisa mendiri memiliki usaha untuk dapat meningkatkan perekonomian keluarga.
     “Produk ini merupakan salah satu harapan dari kampus. Setelah semua laporan KKN dari mahasiswa terkumpul terkait potensi desa yang dapat menjadi produk atau potensi unggulan akan ditindaklanjuti dosen dalam ranah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.
     Dalam kegiatan yang sama diadakan penyerahan penghargaan pembuatan video selama KKN kepada 15 kelompok mahasiswa KKN terbaik oleh Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P. “Apapun yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN selama di lokasi dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Ini merupakan bentuk pengabdian dan melatih lifeskill mahasiswa dalam bersosialisasi di masyarakat,” katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top