Keelokan Grojogan Pleret Jatingarang Weru

Print Friendly and PDF

Pesona Grojogan Pleret

Tim Jurnalistik SMAN 1 Manyaran foto bersama di depan gapura pintu masuk obyek wisata Grojogan Pleret

Foto di bagunan bintang

Foto di dekat bendungan berlatarbelakang tulisan unik
Keelokan Grojogan Pleret Jatingarang Weru

SUKOHARJO-majalahlarise.com-Grojogan Pleret menjadi wahana wisata alam  pilihan yang sayang untuk dilewatkan. Air terjun nan elok ini berada di dusun Kedung Dowo, Desa Jatingarang, Weru, Sukaharjo. Wisata yang dirintis oleh karang taruna Kedung Dowo ini resmi dibuka pada awal bulan Januari 2018 mendapat dukungan dari Pemerintah Desa.
     Tim Jurnalistik SMA Negeri 1 Manyaran  saat masuk ke lokasi wisata, langsung disambut oleh sebuah sepanduk besar bertuliskan “SELAMAT DATANG DI GROJOGAN PLERET“. Selain itu terdapat Gapura Selamat Datang yang indah. Lebih jauh lagi kami menampakan kaki disuguhi beberapa tulisan kreatif seperti  “Jangan Bersandar Di Pagar, Bersandarlah Di Pundak Pacar, Terkadang Sendiri Itu Perlu, Perlu Ada Yang Nemenin, Bendungan Kedung Dowo. Jangan Buang Mantan Sembarangan, Kangen Kamu Yang Dulu, Mantan... Miss You ” dan masih banyak lagi.
     Selain air terjun, kita dapat menikmati pemandangan bendungan yang sangat indah dengan arus air yang cukup deras. Di sepanjang jalan menuju Grojogan Pleret terdapat bangunan untuk para pengunjung berfoto ria, bangunan tersebut ada yang berbentuk bintang yang bagian tengahnya terdapat lubang yang dinamakan “BINTANG KEJORA”, bangunan seperti dinding rumah yang memiliki jendela berbentuk LOVE dinamakan “ RUMAH CINTA”, bangunan-bangunan ini terbuat dari bambu.
     Perjalanan menuju Grojogan Pleret melalui jalan di sepanjang sungai air begitu jernih dengan bebatuan-bebatuan menambah keindahan sungai. Saat kita sampai di air terjun disuguhkan pemandangan air yang jatuh dari tebing dengan ketingian 12 meter dari permukaan tanah. Selain bisa berfoto juga bisa bermain air di bawah Grojogan tersebut. Walau baru dibuka objek wisata alam ini penah dikunjungi oleh 500 pengunjung dalam sehari.
     Giyarto selaku Ketua Karang Taruna Kedung Dowo mengatakan untuk kedepannya akan menambah tempat berfoto, menara pandang, gasebo dan sebuah kolam renang. “Untuk saat ini kami tidak menarik biaya tiket karena masih banyak kekurangan yang terdapat di tempat wisata ini,” ujarnya.
Banyak pengunjung yang sangat senang dan mengapresias penataan dan keindahan objek wisata ini. Namun, mereka menyayangkan debit air masih terlalu sedikit. (Fajar)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top