Seminar Nasional dan Rakerda ABKIN Jawa Tengah

Print Friendly and PDF

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P saat membuka seminar nasional ABKIN Jawa Tengah

Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P dan Ketua PD ABKIN Jawa Tengah Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd.Kons saat menandatangani naskah MoU
Guru BK Jaman Now Harus Lakukan Perubahan

Sukoharjo-majalahlarise.com-Guru Bimbingan Konseling (BK) saat ini dihadapkan pada persoalan serius yakni fenomena perubahan masa depan yang tidak bisa diabaikan di dalamnya ada dinamika perubahan luar biasa yang populer disebut jaman now. Di jaman now ini guru BK  dituntut menghantarkan peserta didik maupun anggota masyarakat memiliki potensi masa depan menghadapi perubahan yang belum jelas.
     Hal tersebut diungkapkan Keynote Seminar Nasional dan Rakerda Asosiasi Bimbingan Konseling Indonesia (ABKIN) Jawa Tengah, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd, Kons (Ketua PD ABKIN Jawa Tengah). Sabtu (24/2/2018) di Auditorium Univet Bantara Sukoharjo.
     “Jaman now, manusia Indonesia dituntut sebagai sumber daya insani apa-apa bisa dan bisa apa-apa ini diperlukan karena jenis pekerjaan yang akan dihadapi masa depan belum jelas. Maka guru BK harus ikut berkontribusi menghantarkan generasi yang tidak terjebak pada pola pikir mengeluhkan suasana atau terperangkap pada formulasi pekerjaan setelah lulus perguruan tinggi jadi PNS,” paparnya.
      Lebih lanjut disampaikan, menghadapi jaman now ini guru BK harus berperan aktif membangun sumber daya insani yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing. Untuk itu kompetensi sumber daya yang diperlukan guru BK yakni responsif bergerak cepat dan tepat tidak berorientasi tergoda sikap mental nostagia. Terus melakukan inovasi tidak terjebak rutinitas bertele-tele yang hanya diskusi tidak pernah melaksanakan hasil diskusi. Berani melakukan langkah perubahan, fokus pada prioritas dan terukur, kreatif, melakukan kolaborasi keilmuan dan saling bekerjasama.
     Seminar yang mengangkat tema Peran Guru BK Pada Jaman Now ini menghadirkan narasumber Mulawarman, P.HD (UNNES) dan Drs. Arju Rahmanto, S.Ag, M. Ag (LPMP Jawa Tengah) dibuka oleh Rektor Univet Bantara Sukoharjo, Prof. Dr. Ali Mursyid WM, M.P.
     “Kita bekerja sama dalam rangka mendukung ABKIN Jawa Tengah dan ABKIN Sukoharjo karena Univet punya program studi Bimbingan Konseling. Kami sangat mendukung diadakannya seminar dengan tema bagaimana menjadi guru BK jaman now ini untuk menyamakan presepsi pada seluruh guru BK se-Jawa Tengah. Mudah-mudahan para guru BK memahami apa yang harus dikerjakan pada jaman now ini,” tutur Prof. Ali Mursyid.
      Sebelum dilaksanakan seminar diadakan pelantikan pengurus ABKIN Cabang Kabupaten Sukoharjo dan Cabang Kabupaten Jepara oleh Ketua PD ABKIN Jawa Tengah dan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama (MoU) antara Univet Bantara Sukoharjo dengan ABKIN Jawa Tengah. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top