Pelatihan dan Penguatan Editing, Layout, Covering IGI Kabupaten Wonogiri

Print Friendly and PDF

Kabid PTK Disdikbud Kabupaten Wonogiri, Dr. Sri Mulyati, M.Pd memotong tumpeng sebagai pertanda diluncurkan penerbit Arga Pustaka IGI Kabupaten Wonogiri
Peserta saat mengikuti sesi materi editing naskah buku
Pelatihan dan Penguatan Editing, Layout, Covering IGI Kabupaten Wonogiri

WONOGIRI-majalahlarise.com-Selain dapat menulis buku, guru diharapkan memiliki kemampuan melakukan editing, layouting dan covering untuk buku yang akan diterbitkannya. Kemampuan tersebut dapat mempercepat dan mempermudah proses pembuatan buku yang telah ditulisnya. Untuk itulah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Wonogiri mengadakan pelatihan dan penguatan editing, layout dan covering buku. Minggu (4/2) di ruang pertemuan RM. Alami Sayang Wonogiri.
     Kegiatan yang diselenggarakan kedua kalinya ini dibuka Kepala Bidang PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Sri Mulyati, M.Pd. Hadir sebagai pemateri Nur Afandi, S.Kom (desain dan layout), Joko Susilo (Editor Buku Sagusaku Nasional), Ria Sulistyono (Maghza Pustaka).
     Kabid PTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Wonogiri, Dr. Sri Mulyati, M.Pd saat ditemui usai membuka kegiatan mengatakan adanya kegiatan guru ini pihaknya merasa terbantu dalam bidang pendidik dan tenaga kependidikan. Selain itu, mendorong guru menjadi profesional, kreatif menguasai teknologi informasi sesuai perkembangan teknologi sekarang ini.
     "Apa yang dilakukan ini akan berdampak yaitu kerja jadi profesional, karyanya dapat dinilaikan dalam angka kredit melalui pengembangan keprofesionalan berkelanjutan. Karya buku yang dapat diakui bisa dinilaikan untuk PAK jika buku sudah ISBN isi buku sesuai tugas fungsi pokok guru," terangnya.
     Ketua Penyelenggara, Joko Susilo, S.Pd menuturkan kegiatan yang diikuti 125 peserta ini 15 peserta dari guru honorer dan pembiayaan kegiatan murni dari peserta.
     "Tujuan kegiatan untuk meningkatkan kompetensi menulis dalam bidang pengeditan, layout dan covering. Peserta bekerjasama mengedit naskah yang sudah ditulis peserta Sagusaku 2 dan diharapkan ada penguatan jiwa literasi," terangnya.
     Salah satu peserta, Kepala SDN 3 Gambir Manis Pracimantoro, Suyanto, M.Pd mengatakan motivasi ikut pelatihan untuk meningkatkan kompetensi menulis buku, membuat buku serta mengispirasi siswa untuk menulis. "Setelah pelatihan ini ilmu akan kita tularkan kepada guru dan siswa sebab di sekolah ada gerakan literasi," terangnya.
     Sebelum pemberian materi pelatihan, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kabid PTK Disdikbud Kabupaten Wonogiri, Dr. Sri Mulyati, M.Pd sebagai pertanda peluncuran Penerbit Agra Pustaka yang dikelola oleh IGI Kabupaten Wonogiri. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top