MGMP Ekonomi Jatim Antusias Ikuti Pelatihan di Perbanas

Print Friendly and PDF

MGMP Ekonomi SMA/SMK/MA se-Jawa Timur saat mengikuti pelatihan

MGMP Ekonomi Jatim Antusias Ikuti Pelatihan di Perbanas

SURABAYA-majalahlarise.com-Sebanyak 94 guru SMA/SMK/MA yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi di wilayah Jawa Timur berbondong-bondong ke STIE Perbanas Surabaya untuk meningkatkan kompetensinya. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang digelar oleh Program Studi Sarjana Akuntansi. Sabtu (10/2/2018). Pelatihan yang digelar untuk guru ekonomi ini sudah dua kali dilaksanakan.  Tahun lalu, program pelatihan bagi guru diselenggarakan saat Event Perbanas Accounting Festival (PAF).
     Ketua Program Sarjana Akuntansi, Dr. Luciana Spica Almilia, M.Si., dalam rilis diterima redaksi menuturkan program pelatihan ini bertujuan untuk membekali kompetensi guru. Sejauh ini, mereka tertarik untuk memperdalam ilmu ekonomi guna meningkatkan kompetensi dalam mengajar. Bahkan, program pelatihan ini dapat digunakan oleh guru dalam memenuhi persyaratan untuk program sertifikasi profesi guru.
     Dari sisi lain, program pelatihan ini juga digunakan oleh dosen STIE Perbanas Surabaya sebagai Program Pengabdian Masyarakat. Pasalnya, tuntutan dosen selain pengajaran dan penelitian, mereka juga diberi kewajiban untuk pengabdian kepada masyarakat.
     ”Kami menyelenggarakan pelatihan ini tentu harus bermanfaat untuk guru dan dosen. Jadi, program pengabdian dari dosen ini disesuaikan dengan kebutuhan guru agar nanti bisa dimanfaatkan untuk program sertifikasi,” papar Luciana.
     Sementara itu, materi yang diberikan saat pelatihan ini terdiri atas dua kategori. Pertama, guru menerima materi tentang Penulisan Artikel Ilmiah dan Program SPSS. Kategori kedua, guru juga menerima materi akuntansi berupa Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (EMKM) dan Excel for Accounting.
     Sekretaris MGMP Ekonomi SMA Jatim, Rohmad, S.Pd., menuturkan pelatihan ini sangat bagus dan baik karena untuk menambah wawasan serta upgrade ilmu pengetahuan di bidang akuntansi dan perkembangannya. Setelah ikut pelatihan ini ternyata pihaknya merasa sudah banyak perubahan-perubahan istilah akuntansi.
     ”Harapannya, bapak dan ibu guru nanti bisa menerapkan  ilmu yang sudah dipelajari dalam pelatihan ini. Karena banyak yang bisa diajarkan kepada siswa di sekolah,” harap Guru SMA Negeri 10 Surabaya ini. (Eko/Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top