Diklat Keorganisasian dan Kepemimpinan Rohis Al Jami' SMKN 1 Giritontro Wonogiri

Print Friendly and PDF

Peserta dan pembina diklat keorganisasian dan kepemimpinan  saat foto bersama usai kegiatan

Peserta diklat saat mengikuti sesi penyampaian materi

Kepala Sekolah beserta jajaranya saat makan bersama peserta diklat
Diklat Keorganisasian dan Kepemimpinan Rohis Al Jami' SMKN 1 Giritontro Wonogiri

Wonogiri-majalahlarise.com-Selain untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, anggota organisasi sekolah Rohis Al Jami' SMK Negeri 1 Giritontro Wonogiri dibekali pengetahuan tentang keorganisasian dan kepemimpinan melalui kegiatan latihan dasar kepemimpinan (LDK), diikuti 70 peserta. Sabtu-Minggu (27-28/1) di sekolah setempat.
     Pembina Rohis SMKN 1 Giritontro, Syarif Aminudin, S.Ag saat ditemui disela-sela kegiatan menjelaskan selama dua hari anggota rohis diberi bekal pengetahuan tentang pengelolaan organisasi dan kepemimpinan yang dikemas dalam berbagai kegiatan diantaranya pengajian, kultum, pemberian materi dasar-dasar kepemimpinan, pengorganisasian dan cara kerjanya.
     "Untuk menumbuhkan rasa kebersamaan kami mengadakan bakar nila makan bersama-sama dengan seluruh peserta, dihadiri kepala sekolah bapak Drs. Riyanto, Waka kurikulum bapak Heri Sulistianto, S.Pd, Waka kesiswaan bapak Drs. Tanuraswono pada malam hari," terangnya.
      Lebih lanjut, Syarif menuturkan kegiatan ini sebagai upaya menjajaki bibit atau kader penerus kepengurusan Rohis untuk kepengurusan baru menggantikan kepengurusan lama yang akan berakhir pada bulan April mendatang.
     "Adanya pelatihan keorganisasian ini Rohis dapat melaksanakan program kerja yang telah direncanakan. Contohnya membuat agenda program selama satu tahun dan mengevaluasi kegiatan yang telah terlaksana. Membuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan pada masing-masing bidang seperti laporan keuangan dan penggunaannya dari bendahara," ungkapnya.
     Pihaknya berharap setelah dilaksanakan kegiatan ini Rohis dapat mengelola organisasi lebih baik daripada kemarin. Seperti dapat membuat laporan pertanggungjawaban kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan tertata dengan baik dan benar. Selain itu, mereka dapat bekerja dengan cepat dan tanggap.
     "Rohis selama ini lebih banyak kegiatan, ada kegiatan harian yang sudah terjadwal, kegiatan mingguan sholat jum'at, infak jum'at. Tiap bulan ada pengajian rutin. Anak-anak Rohis menanggani pesantren kilat, zakat fitrah, Idul Fitri, Idul Adha dan kerja bakti di masjid. Tiga bulan sekali berusaha mengadakan diklat seperti yang sudah dilaksanakan diklat dasar-dasar jurnalistik pembuatan buletin, diklat khotib dan kultum, dan sekarang diklat LDK," paparnya.
     Disinggung mengenai program Rohis kedepan, Syarif menyampaikan akan mengadakan anjang sana dengan Rohis sekolah lain. "Kita silaturahmi tiap bulan ke sekolah lain begitu pula sebaliknya agar bertambah ilmu dan wawasan yang dimiliki. Semua kegiatan yang kita laksanakan selalu minta ijin bapak kepala sekolah," terangnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top