PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INGGRIS BERBASIS NEEDS ANALYSIS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA SUKOHARJO

Print Friendly and PDF

Peneliti saat bersama mahasiswa Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo-majalahlarise.com-Tujuan mata kuliah Bahasa Inggris di perguruan tinggi khususnya di Fakultas Ekonomi adalah membekali dan melatih mahasiswa memahami materi ilmu dalam perbankan, bisnis, keuangan, dan perdagangan didukung dengan substansi materi yang disampaikan berbahasa Inggris serta istilah-istilah perbankan dan finance menggunakan Bahasa Inggris.
     Pengajaran tersebut berhubungan disiplin ilmu tertentu dalam situasi pengajaran khusus, metodologi yang berbeda dari Bahasa Inggris umum. Sementara itu, dapat dipahami bahwa tingkat pemahaman dan penguasaan bahasa Inggris bidang ekonomi sangat dirasakan urgensinya dalam menghadapi persaingan kerja.
   Dalam rilis yang diterima majalahlarise.com belum lama ini, Peneliti Arin Arianti, S.Pd, M.Pd dan Nurnaningsih, S.Pd, M.A dari Progdi Bahasa Inggris Univet Bantara Sukoharjo tertarik untuk mencari bentuk pengembangan pembelajaran bahasa Inggris bidang Ekonomi dengan menggunakan pendekatan needs analysis. Dengan pendekatan tersebut, kebutuhan pembelajar dijadikan landasan dalam menentukan arah dan proses pembelajaran sehingga tujuan pengajaran sesuai target kebutuhan yang diharapkan.
    Berdasarkan hasil penelitian bahwa kebutuhan Bahasa Inggris mahasiswa Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo terkait dengan tujuan mereka belajar bahasa Inggris  yang berorientasi untuk memasuki dunia kerja, dengan menitikberatkan pada pentingnya peningkatan kemampuan berbicara/ speaking sebagai salah satu skill yang menjadi sasaran utama dalam belajar bahasa Inggris.
      Bentuk perancangan bahasa Inggris diarahkan pada English for Occupational Pursposes (EOP) untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja, seperti ketika mereka akan melamar pekerjaan dalam bentuk surat lamaran pekerjaan maupun ketika berada didalam situasi interivew. Sehingga mahasiswa ekonomi ketika lulus tidak hanya menguasai materi ilmu ekonomi tetapi juga memiliki kemampuan lebih yaitu dapat berbicara dalam bahasa Inggris dan menerapkannya dalam dunia kerja.  (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top