Asri Kurniawati (Juara 1 Lomba Mocopat SMP/MTs 2017 se- Kabupaten Wonogiri)

Print Friendly and PDF

Asri Kurniawati (Juara 1 Lomba Mocopat SMP/MTs 2017 se- Kabupaten Wonogiri)

Wonogiri-majalahlarise.com-Jika mengerjakan sesuatu dengan hati yang senang dan ikhlas tentu akan membawa hasil yang menyenangkan pula. Begitulah yang dirasakan gadis bernama lengkap Asri Kuniawati, siswa SMPN 4 Wonogiri. Betapa tidak, dalam jangka waktu yang sangat singkat mempelajari materi lomba mocopat yang diberikan oleh guru pembimbing yakni Ibu Rosita Tuti Hartini berhasil dikuasainya.
     Dalam waktu satu bulan lamanya berlatih secara sangat teliti, anak dari pasangan Yudi dan Lusi ini mampu mengharumkan nama sekolah berhasil membawa piala kejuaraan lomba mocopat putri SMP/ MTs se-Kabupaten Wonogiri, Kamis (26/10) di SMP Negeri 4 Wonogiri.
     “Saat lomba saya mendapatkan undian nomor 22. Ketika melangkah akan maju berlomba, saya tidak lupa membaca Basmalah dan berusaha supaya bisa menjadi yang terbaik dan saya mulai nembang dengan serius. Setelah saya selesai lomba, saya lega. Masalah hasil saya serahkan kepada Yang Maha Kuasa,” kenangnya.
     Mengenai hambatan yang dihadapi saat maju lomba, dara yang mempunyai hobi memasak dan menyanyi ini mengatakan kesulitan saat memahami makna yang terkandung dalam tembang mocopat Dandanggula dan Pangkur.Selain itu, hambatan transportasi.
     “Untuk memahami makna saya membaca banyak buku yang terkait dengan tembang mocopat. Disamping itu, saya bertanya kepada bapak dan ibu guru bahasa Jawa. Sedangkan untuk transportasi orang tua rela mengorbankan waktu untuk mengantar dan menjemput saya pada waktu latihan sore hari,” papar gadis manis ini.
     Disinggung mengenai prestasi yang pernah diperoleh, Asri mengaku pernah mendapatkan juara lomba mocopat sewaktu dibangku Sekolah Dasar memperoleh juara 2. Dengan diraihnya juara I lomba mocopat tahun ini, ia berharap para remaja mau berlatih atau mendalami tembang-tembang mocopat karena di dalamnya disamping mengandung nilai-nilai seni juga terdapat nasehat-nasehat terkait dengan pendidikan karakter. (Sofyan)
 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top