Siswa SMKN 1 Pracimantoro Berlatih Penulisan Jurnalistik

Print Friendly and PDF


Praktisi Jurnalistik, Sofyan Yuli, A, S.Sos saat menyampaikan meteri penulisan barita

Siswa saat menulis berita hasil liputan

Siswa SMKN 1 Pracimantoro Berlatih Penulisan Jurnalistik


Wonogiri - majalahlarise.com- Sebanyak 30 siswa SMKN 1 Pracimantoro berlatih penulisan jurnalistik yang dibimbing oleh praktisi jurnalistik, Sofyan Yuli. A, S.Sos. Senin (30/10) bertempat di ruang pertemuan sekolah setempat.
     Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Kepala SMKN 1 Pracimantoro, Putra Jaya, S.Pd, M.T menyampaikan pelatihan penulisan jurnalistik bertujuan melatih siswa dapat menulis berita yang nantinya semua kegiatan sekolah dapat ditulis dalam bentuk berita yang diinformasikan kepada masyarakat luas melalui media online.
     “Menulis itu sama dengan memasak. Kita harus menyajikannya kepada masyarakat enak dinikmati. Sehingga dalam meramu tulisan menjadi tulisan bagus, cantik, menarik dan enak dibaca. Terlebih tulisan masuk di media online yang dapat dibaca oleh masyarakat dunia,” terangnya.
     Lebih lanjut dicontohkan dirinya sering menulis di media majalah terbitan Humas Wonogiri. Salah satu karyanya yakni menyelusuri sungai Bengawan Solo bersama Bupati Begug untuk mencari permasalah penyebab banjir di sekitar aliran Sungai Bengawan Solo dan diduga penyebab dibukanya pintu air Waduk Gajah Mungkur. Setelah ditelurusi penyebabnya aliran sungai yang mengalir ke sungai Bengawan Solo.
       “Dulu pak Putra gemar menulis. Tulisan sering dimuat di media.  Melalui menulis orang akan menjadi pintar, peka membaca kondisi lingkungan. Bahkan manfaat menulis bisa dirasakan ketika nanti kuliah, kalian mendapat tugas dari Dosen untuk membuat makalah meramu tulisan bisa dinikmati orang lain,” jelasnya.
     Kemudian, pria yang akrab disapa Pak PJ ini berharap diakhir kegiatan siswa dapat menulis berita tentang berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan sekolah maupun tentang perkembangan SMK Negeri 1 Pracimantoro dan tulisan tersebut dimuat di media online. Sehingga masyarakat tahu tentang perkembangan SMK Negeri 1 Pracimantoro.
     Sementara itu, Sofyan Yuli. A, S.Sos dalam pemaparan materi menjelaskan tentang dasar-dasar jurnalistik, pengertian berita, struktur berita, teknik penulisan berita, teknik wawancara, praktek wawancara, praktik penulisan berita dan mengevaluasi hasil tulisan berita dari peserta. (Dea)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top