Paguyuban Tukang Kuda di Kawasan Wisata Tawangmangu Dilatih Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa

Print Friendly and PDF

Tim Pengabdi dari Dosen progdi bahasa Inggris dan Dosen prodi bahasa Jawa Univet foto bersama dengan anggota paguyuban Tukang Kuda Tawangmangu.
Paguyuban Tukang Kuda di Kawasan Wisata Tawangmangu Dilatih Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa

Sukoharjo – Tim pengabdian masyarakat yang terdiri dari dosen program studi pendidikan bahasa Inggris dan dosen program studi pendidikan bahasa Jawa melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Jawa bagi paguyuban Tukang Becak di Kawasan Wisata Tawangmangu. Pelatihan ini didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, tahun anggaran 2017. 
     Dalam rilis yang diterima majalahlarise.com belum lama ini menjelaskan pelatihan yang dilakukan oleh Veronika Unun Pratiwi, Harsono, Arin Arianti, Mas Sulis Setiyono, Adi Deswijaya ini diperuntukkan bagi Tukang Kuda yang berhadapan langsung dengan wisatawan, Mereka sangat membutuhkan berkomunikasi dalam bahasa Inggris jika bertemu wisatawan asing, dan beretika Jawa yang baik jika bertemu dengan wisatawan domestik.
     Pelatihan ini mendapat sambutan yang positif dari mitra, baik dari mitra sadar wisata maupun mitra turangga karyo. Mereka berlatih dengan sungguh-sungguh, serta antusias yang tinggi.
    Tim pengabdi mengadakan pelatihan, pendampingan, serta evaluasi atas apa yang team ajarkan kepada para mitra. Hasil akhir dari pelatihan ini sangat memuaskan, bahkan paramitra meminta kelanjutan dari pelatihan ini.
     Hasil luaran yang dihasilkan dari pelatihan ini yaitu, buku saku percakapan sederhana yang bisa dihafalkan oleh mitra juga buku wisata yang ditulis dalam 3 bahasa yaitu bahasa Jawa, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris , juga semacam audio yang bisa didengarkan oleh mitra, audio tersebut berisi percakapan dalam 2 bahasa, bahasa Jawa dan bahasa Inggris. Selain hasil akhir berupa penguasaan mitra akan bahasa Inggris dan bahasa Jawa meskipun baru dalam tahap yang sederhana. Dalam pengabdian ini tim juga melibatkan 2 mahasiswa serta tenaga administrasi yang membantu dalam pelaksanaan pengabdian ini. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top