KKN Univet Beri Pelatihan BLS dan BFF Kepada Masyarakat Gondosuli Tawangmangu Karanganyar

Print Friendly and PDF

Narasumber SAR Karanganyar memberikan contoh penanganan korban
KKN Univet Beri Pelatihan BLS dan BFF Kepada Masyarakat Gondosuli Tawangmangu Karanganyar

Karanganyar - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Univet 2017 bekerjasama dengan SAR Kabupaten Karanganyar memberikan pelatihan Basic Life Support (BLS) dan Basic Fire Fighting (BFF) kepada Masyarakat Desa Gondosuli KecamatanTawangmangu Kabupaten Karanganyar.
     Penyelenggaraan pelatihan tersebut, menurut Kepala Humas dan Kerjasama Univet Bantara Sukoharjo, Ir. Catur Rini S, M.M dilatarbelakangi oleh kondisi geografis Desa yang didominasi pegunungan, serta lokasi Desa yang jauh dari pusat pelayanan kesehatan dan sulit dijangkau pemadam kebakaran. Sebagai narasumber pelatihan BLS dan BFF ini M. Wahyudi dan Jamal dari SAR Karanganyar.
     Pelatihan BLS diisi dengan materi pengenalan Alat Pelindung Diri, pengenalan indikasi patah tulang dan cara penanganannya, menangani orang pingsan, mengetahui indikasi bahaya ketika mau menolong supaya tidak menambah korban, mengecek saluran pernafasan (cek detak jantung, hembusan nafas, penghambat pernafasan), menangani orang keracunan, dan menangani orang stroke. Seluruh materi pelatihan diikuti dengan praktek.
    Sedangkan pelatihan BFF diisi materi penanganan kebakaran ringan yang sering terjadi di rumah tangga akibat kebocoran gas, yaitu cara mengisolasi kebakaran dan cara mengisolasi kebocoran gas di rumah tangga.
     "Acara ini mendapat respon yang positif dari warga Desa Gondosuli, dan warga sangat antusias dalam praktek," tuturnya.
       Dalam penyampaian materi M Wahyudi dan Jamal dari SAR Karanganyar berpesan warga harus belajar untuk tidak panik menghadapi bahaya kebakaran. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top