Kemah Bakti Penggalang SMP Negeri 2 Giritontro Wonogiri

Print Friendly and PDF

Upacara pembukaan perkemahan

Peserta perkemahan

Permainan besar

Kemah Bakti Penggalang SMP Negeri 2 Giritontro Wonogiri

Wonogiri -Dalam rangka penguatan pendidikan karakter siswa dan bakti sosial peduli kaum dhuafa, Gugus Depan 12.047/12.048 SMP Negeri 2 Giritontro menyelenggarakan Kemah Bakti Penggalang selama 3 hari. Jum'at-Minggu (22-24/9) di lapangan sekolah setempat.
Berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama perkemahan diantaranya gladi penggalang, outbond, pengobatan gratis, pentas seni, bantuan sembako, dan gebyar kembang api. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait dan mitra kerja yang peduli.
     Kamah bakti penggalang yang mengangkat tema Scouting for Public (Pramuka untuk masyarakat) ini dikemas secara menarik, menantang, dan mengandung unsur pendidikan yang terarah menuju penguatan karakter siswa.
"Kegiatan perkemahan ini berisi berbagai aktivitas yang bersifat kreatif, produktif, edukatif, inovasi, dan rekreatif. Perkemahan ini merupakan upaya untuk mengembangkan wawasan pengetahuan, ketrampilan, serta untuk memupuk persahabatan, persaudaraan, dan perdamaian melalui kegiatan di dalam dan di luar perkemahan," tutur Kepala SMP Negeri 2 Giritontro, Agus Sumarno, S.Pd, M.M, M.Pd disela-sela kegiatan.
Lebih lanjut, dikatakan Agus Sumarno, kegiatan perkemahan penggalang ini diikuti oleh 576 siswa yang menekankan pada pendidikan karakter yakni sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga sekolah yang meliputi pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi insan kamil.
"Dalam bakti sosial, kami memberikan 50 paket sembako kepada warga masyarakat Desa setempat serta kegiatan donor darah yang dilaksanakan pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB pada hari kedua. Selain itu, untuk kegiatan wisata peserta kita bawa ke Museum Karst Pracimantoro. Ada pentas seni serta wawancara di panggung yang disiarkan lewat radio sekolah. Saat api unggun dengan bara api dinyalakan berjarak 5 meter disusul kembang api meluncur ke angkasa dalam 30 menit,"ungkap dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan, Sutarmo, S.Pd mengatakan tujuan khusus kemah bakti penggalang ini untuk menumbuhkembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara, kecintaam terhadap tanah air, keyakinan terhadap Pancasila, dan kepedulian kepada masyarakat. Mengembangkan kegiatan kreatif yang terpadu sesuai tingkat perkembangan siswa. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top