Riffa Bordir Komputer Batikan Solo

Print Friendly and PDF

Fahmy (46) pemilik Riffa Bordir Komputer

Proses pengerjaan menggunakan mesin bordir komputer

Riffa Bordir Komputer Batikan Solo

Solo - majalahlarise.com - Keinginan memajukan usaha yang digeluti saat ini menjadi tekad Fahmy (46) pemilik RIFFA Bordir Computer Batikan Solo. Usaha bordir pakaian ini awalnya menggunakan mesin bordir manual yang memakan waktu lama dan harus memakai ketrampilan khusus dalam pengerjaannya. Bahkan hasilnya belum sesuai yang diharapkan masih belum proposisi. Sehingga kalah bersaing dengan mereka yang menggunakan mesin bordir komputer.
     Awal tahun 2010, Fahmy berusaha mencari pinjaman modal usaha ke bank swasta diperoleh dana 100 juta cicilan selama 5 tahun. Dari dana pinjaman itu dibelikan mesin bordir komputer. "Pelanggan dulu pada pergi karena tidak dapat melayani sesuai permintaan masih menggunakan mesin manual. Setelah kita pakai mesin bordir komputer dapat menarik pelanggan yang dulu pergi," cerita Fahmy kepada majalahlarise.com belum lama ini.
     Mengenai kendala menggunakan mesin bordir komputer, Fahmy mengatakan kendala pada saat terjadi kerusakan mesin. Ini dikarenakan mesin belum banyak di Solo apalagi tenaga servis mendatangkan dari Tasikmalaya. Kesulitan yang dihadapi pada tahun pertama namun tahun berikutnya kendala mesin bisa teratasi dengan belajar otodidak lewat media sosial group teknisi bordir komputer.
     Dia bersyukur cicilan pinjaman modal sudah lunas 2 tahun lalu. Rencananya akan mengembangkan usaha bordir lebih maju lagi dengan menambah mesin bordir komputer memiliki 20 kepala. Karena permintaan order semakin lama semakin banyak. Sekarang ini masih menggunakan mesin bordir komputer 6 kepala.
     "Harapan saya kedepan mengerjakan bordir label pakaian yang ditempel di krah belakang. Selain itu, membeli mesin pembuat kaos kaki ada label nama sekolah," harapnya.
     Saat ditanya jumlah bordiran yang dihasilkan per hari menggunakan mesin bordir komputer, Fahmy mengaku rata-rata untuk bordir logo bet seukuran bet OSIS antara 100 sampai 200 pc. Sedangkan bordir ukuran besar seperti ukuran jaket dapat dihasilkan 50 bordiran per hari. Jika dikerjakan lembur hasilnya dua kali lipat. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top