Pembekalan Mahasiswa KKN Periode I Tahun 2017/2018 Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Kepala Bidang Pemerintahan Ekonomi dan Sosbud Bappeda Litbang Kabupaten Sragen, Kusuma Edi, SP, SE, MM menyampaikan materi. (foto: Sofyan)
Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo mengikuti pembekalan. (foto: Sofyan)

Pembekalan Mahasiswa KKN Periode I Tahun 2017/2018 Univet Bantara Sukoharjo

Sukoharjo - majalahlarise.com - Sebelum diterjunkan ke lokasi kuliah kerja nyata (KKN), mahasiswa KKN Periode I Tahun 2017/2018 Univet Bantara Sukoharjo diberikan pembekalan berupa materi pengenalan wilayah, potensi dan permasalahan tiap kabupaten, penyusunan program kerja KKN, pendidikan dan etika bermasyarakat. Rabu (2/8) di kampus setempat.
     Pemberian materi dibagi dua lokasi yakni di Gedung H lantai 3 diperuntukan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mahasiswa KKN lokasi Sragen dan Wonogiri dengan pemateri dari Sragen, Kepala Bidang Pemerintahan Ekonomi dan Sosbud Bappeda Litbang Kabupaten Sragen, Kusuma Edi, SP, SE, MM. Dari Wonogiri, Kepala Bappeda Wonogiri Ir. Sri Djarwadi, MM diwakili Kabid Pemerintahan Bappeda Wonogiri, Teguh Santoso, S.Sos.
     Sedangkan di Gedung Auditorium diperuntukkan DPL, mahasiswa KKN lokasi di Karanganyar dan Klaten. Pemateri dari Karangnyar, Sekretaris Baperlitbang Kabupaten Karanganyar, CH. Nurendah, SH. MM, Kepala Bidang Sosial Budaya Dra Maria Prabandari, Kabid Pendidikan, kesehatan pemuda dan olahraga Dodik Setyo W, SE. Dari Klaten, Kepala Bappeda Klaten Drs. Bambang Sigit S, MM.
     Dalam pemaparan materi, Kepala Bidang Pemerintahan Ekonomi dan Sosbud Bappeda Litbang Kabupaten Sragen, Kusuma Edi, SP, SE, MM menyampaikan materi tentang penanganan kemiskinan yang ada di kabupaten Sragen.
     "Sejak tahun 2012 dibentuk Unit Pelayanan Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (UPTPK) tujuannya memadukan pelayanan pada warga miskin dengan sistem satu pintu. Sebelum ada UPTPK warga miskin ditangani beberapa SKPD dirasakan boros waktu dan biaya. Untuk data warga miskin di Sragen mahasiswa KKN bisa mencari datanya disini," terangnya.
     Pada materi pendidikan dan etika bermasyarakat, Dr. Farida Nugrahani, M.Hum mengatakan pentingnya pendidikan, moral dan etika bermasyarakat bagi mahasiswa KKN yakni agar dapat memelihara hubungan baik, hidup rukun, dan harmonis dengan masyarakat di tempat KKN dan dengan sesama teman mahasiswa dalam satu kelompok. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top